Genjot Mutu Guru, Galakkan Kuliah Jarak Jauh

Genjot Mutu Guru, Galakkan Kuliah Jarak Jauh
Genjot Mutu Guru, Galakkan Kuliah Jarak Jauh
JAKARTA--Untuk mendukung upaya percepatan peningkatan kualifikasi guru tanpa meninggalkan tugas mengajar, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menggalakkan program sarjana (S1) kependidikan bagi guru dalam jabatan.

Direktur Profesi Pendidik, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK), Achmad Dasuki menerangkan, program ini diselenggarakan dengan maksud  agar guru memiliki kesempatan lebih luas untuk memperoleh peningkatan kualifikasi akademik dengan tidak meninggalkan tugas dan tanggung jawabnya di sekolah.

"Mekanisme pelaksanaan pembelajaran di LPTK melalui tatap muka dan atau termediasi, pembelajaran mandiri dengan tutorial dan pembelajaran mandiri tanpa tutorial," jelas Dasuki kepada JPNN ketika ditemui di gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (26/5). Menurutnya, program ini dapat memberikan pengakuan terhadap pengalaman kerja dan hasil belajar (PPKHB).

Dasuki menyebutkan, pendukung program percepatan kualifikasi guru ini antara lain dengan mendirikan   Lembaga Pendidikan Tinggi Keguruan (LPTK). Hingga saat ini, lanjut Dasuki, jumlah LPTK yang ditetapkan yaitu sebanyak 81 LPTK.

JAKARTA--Untuk mendukung upaya percepatan peningkatan kualifikasi guru tanpa meninggalkan tugas mengajar, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News