GeNose Bakal Gratis Buat Sejumlah Armada, Ini Kata Kemenhub

GeNose Bakal Gratis Buat Sejumlah Armada, Ini Kata Kemenhub
Petugas PT KAI di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (5/2) memberi arahan kepada para calon penumpang kereta jarak jauh yang hendak melakukan tes Covid-19 menggunakan GeNose. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - GeNose test mulai digunakan di Terminal Bus Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi menyatakan, GeNose test akan diberikan kepada penumpang bus secara gratis.

Oleh karena itu, pendeteksi Covid-19 yang sampelnya melalui embusan napas itu akan disediakan di sarana transportasi di Indonesia.

"Untuk yang ada di penyeberangan maupun yang di terminal, ini kami tidak berbayar sama sekali. Jadi kepada masyarakat tidak ada biaya sama sekali. Semuanya ditanggung oleh pihak pemerintah atau pihak Kemenhub," kata Budi Setiyadi di Jakarta, Minggu (7/1/2020).

Budi mengatakan, tes Covid-19 menggunakan GeNose bakal dilakukan secara acak pada pengguna transportasi umum.

Dia mengimbau agar penumpang bus yang kebetulan mendapatkan tes, agar mau melakukan GeNose test.

"Kami (GeNose test-red) sifatnya random sampling. Kami imbau masyarakat yang mau melakukan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi bus dan penyeberangan, mau screening dengan GeNose," jelas Budi.

Seperti diketahui, GeNose test ini dikembangkan para peneliti dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan sudah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

GeNose test mulai digunakan di Terminal Bus Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi menyatakan, GeNose test akan diberikan kepada penumpang bus secara gratis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News