Geopark Perlu Dimasukkan Dalam Muatan Lokal di Sekolah

Geopark Perlu Dimasukkan Dalam Muatan Lokal di Sekolah
Geopark Perlu Dimasukkan Dalam Muatan Lokal di Sekolah
JAKARTA - Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Arief Rahman, menyatakan, dibutuhkan waktu lama untuk menjadikan sebuah daerah sebagai geopark. Ia mengusulkan agar geopark bisa masuk di dalam pendidikan.

Menurutnya, geopark itu bisa dimasukkan sebagai muatan lokal di sekolah. “Untuk menjaganya, bisa dimasukan dalam muatan lokal dalam  sekolah. Harus punya buku-buku, materi, dan gurunya yang bias membantu pemahaman ini. Dengan demikian manusia menyatu dengan alam,” terang Arief saat seminar sosialisasi geopark di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Senin (14/11).

Geoprak yang akan dievaluasi setiap empat tahun sekali tersebut diharapkan dapat ditangani secara serius. Pendidikan untuk anak-anak, lanjut Arief, juga akan disediakan di area Geopark tersebut. Yakni dengan membangun tempat rekreasi yang edukatif.

“Pemerintah juga harus menyiapkan guru-gurunya secara khusus. Tentunya guru yang harus paham mengetahui tentang Geopark,” tukasnya.

JAKARTA - Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Arief Rahman, menyatakan, dibutuhkan waktu lama untuk menjadikan sebuah daerah sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News