Gereja tak Pernah Menikahkan Jessica dan Ludwig

Gereja tak Pernah Menikahkan Jessica dan Ludwig
Gereja tak Pernah Menikahkan Jessica dan Ludwig. JPNN.com

jpnn.com - ISU rekayasa pernikahan antara Jessica Iskandar dengan Ludwig Franz Willibald menguat pasca terkuaknya surat pemberkatan gereja yang diduga kuat palsu. Pasalnya, setelah Ludwig melalui kuasa hukumnya mengajukan pembatalan nikah, Dinas Pencatatan Sipil pun kemudian mengakui bahwa berdasarkan surat dari Gereja Yesus Sejati tidak pernah ada pernikahan.

”‎Kami sudah menerima surat dari gereja yang menyatakan bahwa mereka tidak pernah menikahkan Jessica Iskandar dan Ludwig,” kata Purba Hutapea, selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta di kantornya Jl Letjen S Parman, Jakarta Barat, Jumat (7/11).

Surat tersebut diterima pihaknya pada 2 Juni lalu. Dalam surat tersebut, pihak gereja menjelaskan tidak ada pendeta yang bernama Simone Jonathan seperti yang tercatat dalam berkas pemberkatan yang diserahkan kepada petugas catatan sipil oleh kuasa Jessica, yakni Henrick.

”Dan memang tidak ada nama pendeta yang bernama Simone Jonathan itu dan saya sudah jawab,” ungkapnya. Purba melanjutkan, surat tersebut muncul setelah pihaknya melayangkan surat kepada pihak gereja atas proses pernikahan Jessica Iskandar dan Ludwig.

Pasalnya, dalam pernikahan tersebut mereka tidak melewati prosedur yang berlaku. Dimana, dalam aturan yang resmi, sejatinya kedua pasangan tersebut harus memberikan berkas pernikahan ke catatan sipil setelah mendapat surat rekomodasi dari petugas kelurahan dan kecamatan, selanjutnya didampingi petugas catatan sipil, pemberkatan baru dilakukan.
Kenyataanya dalam kasus ini, petugas catatan sipil hanya diberikan berkas pernikahan mereka. Dari kelurahan, kecamatan, hingga gereja.

”Gereja pemberkatan itu pada 11 Desember 2013. Dia menikah 11 Desember di Gereja Yesus Sejati. Tetapi mereka ke sini baru pada 17 Desember dan memberikan semua berkas. Dan itu kita buktikan dengan keterangan dari gereja. Kalau menurut gereja itu palsu atau dipalsukan orang,” terangnya.

Hanya saja, pihaknya belum mau terlalu dini menyebutkan bahwa ada indikasi pemalsuan berkas. Sebab, kasus tersebut baru akan diproses oleh pihak pengadilan.

”Oh saya nggak bisa nuduh siapa, itu di luar ranah saya. Apakah ini asli atau palsu, ya gereja yang harus mengusutnya. Ini sama sekali di luar ranah dukcapil,” elaknya.
Sementara itu, Eddy Santoso, kuasa hukum Gereja Yesus Sejati saat jumpa pers seakan berhati-hati dalam menjelaskan kepada media. Dirinya pun tetap menutupi proses pernikahan Jessica-Ludwig telah berlangsung atau tidak.

ISU rekayasa pernikahan antara Jessica Iskandar dengan Ludwig Franz Willibald menguat pasca terkuaknya surat pemberkatan gereja yang diduga kuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News