Gerindra Mendapat Jatah Menteri? Santai Saja Bro

Gerindra Mendapat Jatah Menteri? Santai Saja Bro
Presiden Jokowi bersama KH Ma'ruf Amin di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis malam (27/6). Foto: Agus Suparto/Fotografer Istana Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Partai Gerindra berpeluang mendapat jatah menteri di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi menilai tidak menjadi persoalan bagi jalannya pemerintahan ke depan jika memang kalangan oposisi ditarik masuk ke dalam kabinet.

"Sebenarnya, dalam politik kita kan tidak dikenal yang namanya oposisi," katanya, saat dihubungi ANTARA, di Jakarta, Rabu (9/10), menanggapi wacana Gerindra mendapat jatah menteri.

Dikatakan, seandainya ada partai politik lain selain Gerindra yang selama ini bersikap oposisi, jika memang dimasukkan dalam kabinet juga tidak masalah.

Ade Reza mengatakan, justru bergabungnya kalangan oposisi ini menjadi kesempatan untuk membangun pemerintahan konsensus yang inklusif.

Persoalan muncul, kata dia, sebenarnya karena ada pandangan bahwa harus ada oposisi yang ditafsirkan sebagai kekuatan yang berseberangan dengan pemerintah.

"Justru dengan bergabungnya oposisi ini menunjukkan sinyal politik yang positif. Tidak ada fragmentasi. Stabilitas politik dan sosial lebih mudah dijaga," tuturnya.

Namun, kata dia, bukan berarti kemudian pemerintahan akan kehilangan kekuatan untuk melakukan check and balance, sebab masih ada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Nah, bagaimana memfungsikan DPR untuk melakukan kontrol politik yang efektif," ucapnya.

Tidak menjadi persoalan bagi jalannya pemerintahan ke depan jika memang ada kader Partai Gerindra menjadi menteri di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News