Gigi Terasa Ngilu Setelah Dicabut? Ketahui Penyebabnya

Gigi Terasa Ngilu Setelah Dicabut? Ketahui Penyebabnya
Ilustrasi sakit gigi. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Pencabutan gigi merupakan suatu prosedur perawatan yang paling umum dilakukan dalam klinik bedah mulut. Prosedur tersebut bisa dilakukan sebagai perawatan akhir jika gigi sudah tak bisa lagi diselamatkan. Namun, sudah lewat beberapa hari sejak cabut gigi, kok, gigi terasa nyeri dan ngilu, ya?

Setelah perawatan pencabutan gigi dilakukan, mungkin Anda akan merasakan rasa sakit atau ketidaknyamanan di bagian mulut. Kondisi ini khususnya dirasakan pada saat makan, minum, atau berbicara. Keadaan ini bisa dibilang wajar dan tak perlu dikhawatirkan.

Namun waspadalah jika Anda mengalami dry socket atau yang dikenal juga dengan alveolar osteitis. Kondisi tersebut menyebabkan gejala nyeri yang parah di lokasi bekas pencabutan dalam waktu lebih dari 7 hari setelah gigi dicabut, sehingga terjadi kehilangan bekuan darah, terlihat tulang di daerah tersebut, atau keluar bau busuk dari dalam mulut.

Apa itu dry socket?

Proses penyembuhan luka pascapencabutan gigi permanen memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Umumnya, penutupan soket bekas pencabutan ditutup oleh jaringan lunak kurang lebih sebulan setelah pencabutan. Kemudian, tulang akan tumbuh kembali mengisi soket, umumnya dalam waktu sekitar 6 bulan.

Dry socket itu adalah kondisi gumpalan darah yang terbentuk di daerah bekas pencabutan lepas sebelum luka sembuh. Setelah gigi dicabut, bekuan darah biasanya akan terbentuk di tempat bekas pencabutan gigi.

Gumpalan darah tersebut berfungsi untuk melindungi tulang, jaringan, dan saraf yang mendasarinya saat sembuh, serta menjadi fondasi untuk pertumbuhan tulang yang baru dan pengembangan jaringan lunak.

Dalam kasus dry socket, bekuan darah tidak terbentuk sebagaimana mestinya atau larut terlalu cepat sebelum penyembuhan selesai. Setelah bekuan darah lepas, maka jaringan baru tidak terbentuk di atas luka bekas pencabutan gigi, sehingga meninggalkan tulang dan saraf yang terbuka.

Setelah perawatan pencabutan gigi dilakukan, mungkin Anda akan merasakan rasa sakit atau ketidaknyamanan di bagian mulut. Kondisi ini khususnya dirasakan pada saat makan, minum, atau berbicara.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News