Gimana nih, Pemerintahan Jokowi Sedikit-sedikit Ngutang

Gimana nih, Pemerintahan Jokowi Sedikit-sedikit Ngutang
Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi VI DPR, Hafisz Tohir mengkritik budaya meminjam uang ke luar negeri alias ngutang era  pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang ternyata terus mengalami perlambatan.

Menurutnya, pencapaian  pertumbuhan ekonomi yang diraih oleh pemerintah sebesar 4,7 persen  pada kuartal pertama tahun 2015 adalah revisi dari proyeksi sebelumnya sebesar 5,2 persen. Ini merupakan pertumbuhan ekonomi paling lambat jika dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya sejak 2009.

Turunnya jumlah investasi yang masuk baik dari penanaman modal dalam negeri maupun luar negeri, serta melemahnya daya beli masyarakat terutama di sektor konsumsi,  mengakibatkan turunnya pertumbuhan PDB Indonesia.

"Lambatnya pertumbuhan ekonomi  berimbas pada turunnya ketersediaan lapangan kerja baru untuk usia produktif dan tingkat pengangguran pun meningkat karena  banyak pekerja yang dirumahkan akibat pengurangan produksi perusahaan," kata Hafisz melalui siaran persnya yang diterima JPNN.com, Jumat (31/7).

Efek berantai berikutnya, lanjut Hafisz, pertumbuhan kredit melambat, tingkat inflasi terus naik dalam beberapa bulan terakhir khususnya bulan Mei-Juni 2015 yang berada di level 7 persen, serta berpotensi terus bergerak ke posisi psikologis sebesar 10 persen karena harga pangan semakin mahal dan terus merangkak naik.

Nah, untuk mengatasi keadaan  ini, tim ekonomi pemerintah harus bergerak cepat dengan memaxsimalkan seluruh potensi belanja APBN yang Rp 2.000 triliun lebih ini untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi dengan mempercepat proses program pembangunan infrastruktur yang telah di ground breaking seperti pembangunan jalan tol, pelabuhan, rel kereta ganda dan bandara baru.

Selain itu, pemerintah harus melibatkan penuh BUMN dan mengajak pelaku usaha swasta dalam negeri untuk terlibat dalam investasi pendanaan maupun proses pengerjaannya. Sisi lainnya, Presiden disarankan memperhatikan figur-figur yang mengelola perekonomian nasional.  Selain kuat, figur itu sosok petarung dan dipercaya pasar sehingga diharapkan timbul  trust terhadap ekonomi Indonesia.

"Tidak seperti saat ini yang sedikit-sedikit ngutang ke luar negeri. Hal ini membuat rupiah akan semakin tertekan. Mazhab bahwa utang luar negeri sebagai jalan untuk memacu pertumbuhan ekonomi baru yang diimani dan dianut oleh  pemerintah perlu didikritisi," tegasnya.

JAKARTA - Ketua Komisi VI DPR, Hafisz Tohir mengkritik budaya meminjam uang ke luar negeri alias ngutang era  pemerintahan Joko Widodo-Jusuf

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News