Goda Publik Sosmed dengan Keindahan Destinasi Wisata

Goda Publik Sosmed dengan Keindahan Destinasi Wisata
Arief Yahya. Foto: Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Social Media (Sosmed) suka atau tidak suka, sudah seperti negara tersendiri, punya rakyat, punya komunitas. Karakternya beragam, ada yang pro, ada yang kontra, ada yang ekstrim, ada yang fanatik, ada yang happy, ada yang unhappy, tetapi itulah suara-suara hati dan pikiran publik yang terbaca dari Medsos.

“Kalau bicara Strategi Media, ada empat channel yang kami pakai. Paid Media atau media berbayar, Own Media atau media yang kita miliki sendiri, Social Media atau media sosial, dan Endorser Media atau menggunakan orang berpengaruh untuk mempromosikan destinasi kita. Saya biasa menyingkat dengan POSE,” jelas Menpar Arief Yahya, di Jakarta.

Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dadang Rizki pun menterjemahkan teori Menpar Arief Yahya. Dia sudah mulai membuat kanal “Cerita Destinasi” di Facebook. 

Foto-foto destinasi, berikut dengan sekelumit cerita seputar objek wisata itu, menjadi daya tarik netizen untuk berkunjung dan share ke friends-nya di Medsos itu. Pria asal Jawa Barat itu mengatakan bahwa peran masyarakat di sosial media juga membantu pengembangan destinasi yang dimiliki Indonesia.

”Silakan selfie, atau foto-foto di tempat wisata kita, silakan mengambil gambar yang bagus, lalu tampilkan di Cerita Destinasi. Kami memberi ruang untuk mengirimkan karya foto dan cerita Anda kok. Narsis dengan latar belakang tempat wisata, lalu upload di media sosial manapun, akan membuat destinasi kita lebih luas tersebar ke mana-mana,” ujar Dadang.

Era selfie memang tidak bisa dihindarkan. Semua orang paling suka kalau foto, lalu di upload di medsos, dan dikomentari banyak followers atau friends-nya. 

”Sisipkan objek wisata dan keindahan alam Indonesia! Karena itu akan membuat destinasi semakin dikenal, dan foto selfie-nya lebih keren,” ucapan Dadang.

Orang Indonesia konon paling aktif di Medsos. Di akhir tahun 2015 saja, Opera Mediaworks dan Mobile Marketing Association (MMA) merilis data terbaru tentang perilaku pengguna smartphone di negara P6 (The Power 6), yakni India, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam, serta Australia, termasuk Indonesia. Dari data itu, pengguna perangkat mobile Indonesia lebih sering mengakses situs media sosial dengan persentase 38 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News