Golkar Menang, Nasdem Populer

Golkar Menang, Nasdem Populer
Golkar Menang, Nasdem Populer
JAKARTA - Andai pemilihan umum diadakan saat ini, Partai Golkar bisa jadi meraup suara terbanyak. Dia mengungguli Demokrat, pemenang sesungguhnya pada Pemilu 2009. Sejumlah kasus dugaan korupsi yang mendera Demokrat membuat mereka sulit mendapat simpati besar dari publik.

Posisi panggung politik seperti itu tecermin dari survei yang dilakukan LSI (Lembaga Survei Indonesia). Golkar berada di posisi teratas dengan 17,7 persen. Berkurangnya jumlah undecided voters atau pemilih yang belum menentukan pilihan, tampaknya, memberikan keuntungan kepada partai berlambang beringin tersebut.

Berdasar survei LSI yang melibatkan 2.418 responden di 33 provinsi itu, di belakang Golkar adalah PDIP dengan 13,6 persen dan Partai Demokrat dengan 13,4 persen. "Golkar adalah partai yang paling banyak mendapat dukungan, sedangkan PDIP paling stabil," ujar Dodi Ambardi, direktur eksekutif LSI, dalam paparannya di sekretariat LSI, Jakarta.

Menurut Dodi, pasca terungkapnya sejumlah kasus hukum yang mengakibatkan konflik, Partai Demokrat belum menunjukkan pemulihan. Dalam tiga bulan terakhir pantauan LSI, Demokrat tetap berkutat pada angka elektabilitas 13 persen dukungan responden. "Angkanya tetap cukup jauh dari hasil Pemilu 2009," ujar Dodi.

JAKARTA - Andai pemilihan umum diadakan saat ini, Partai Golkar bisa jadi meraup suara terbanyak. Dia mengungguli Demokrat, pemenang sesungguhnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News