Senin, 24 Juni 2019 – 20:59 WIB

Google Bisa Catat Transaksi Belanja Online Pengguna

Senin, 20 Mei 2019 – 10:31 WIB
Google Bisa Catat Transaksi Belanja Online Pengguna - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Raksasa mesin pencari data, Google rupanya menyimpan daftar pengguna setiap melakukan transaksi belanja online.

Sistem tersebut pertama kali ditemukan oleh CNBC, pengguna bisa melihat transaksi tersebut dengan cara membuka Gmail kemudian mengklik menu 'pembelian' melalui akun mereka, yang memungkinkan dapat melihat daftar transaksi.

“Hanya pengguna yang dapat melihat pembelian Anda. Google melindungi privasi dan keamanan Anda," kata Google seperti dilansir Cnet, Senin (20/6).

BACA JUGA: Kabar Gembira! THR PNS Cair Pekan Depan, CPNS Juga Terima

Meskipun Google menguraikan cara menghapus transaksi dalam tiga tahapan, faktanya perlu lebih dari itu untuk memproses penghapusan riwayat. Untuk menghapusnya, pengguna bisa mengklik menu pembelian di akun Gmail.

Kemudian akan muncul daftar rinci dari semua transaksi pembelian yang pernah dilakukan pengguna. Selanjutnya, pengguna bisa mengklik tombol "i" untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Google akan menginformasikan pengguna jika pembelian ditemukan di Gmail. Setelah itu, pengguna bisa mengklik "lihat email".

Google mengatakan, pihaknya juga melacak pembelian melalui pesanan yang dilakukan menggunakan layanan Google seperti Google Express, Play Store dan Google Assistant. Juru bicara perusahaan menyatakan halaman itu ditujukan untuk membantu pengguna melihat dan melacak pembelian, pesanan dan langganan mereka.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar