Grand Final Paragliding TROI Digelar di Kabupaten Malang

Grand Final Paragliding TROI Digelar di Kabupaten Malang
Paragliding Trip of Indonesia (TROI) memasuki seri kelima atau grand final di Bukit Waung, Pantai Modangan, Sumberoto, Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 23-25 November 2018. Foto: kemenpora

jpnn.com, MALANG - Paragliding Trip of Indonesia (TROI) memasuki seri kelima atau grand final di Bukit Waung, Pantai Modangan, Sumberoto, Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 23-25 November 2018.

Empat seri telah berlalu. Kabupaten Dharmasraya (Sumatera Barat) menjadi tempat pembuka gelaran TROI edisi pertama. Kemudian berlanjut ke Kemuning (Karanganyar), Wonosobo, Mandalika (Lombok) dan terakhir Pantai Modangan (Kabupaten Malang).

Mewakili kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Kepala Bidang Pengelolaan Olahraga Petualangan Tantangan dan Wisata Arief Nurbani mengatakan Paragliding TROI Pantai Modangan merupakan puncak atau grand final dari rangkaian seri sebelumnya.

"Ini merupakan seri grand final. Jadi akumulasi dari juara-juara seri pertama sampai keempat akan dihitung poin untuk menjadi pemenang. Nanti juara akan mendapatkan medali dan juga uang pembinaan," kata Arief Nurbani di lokasi take-off Bukit Waung, Jumat (23/11).

Untuk itu, lanjut Arief, Kemenpora berharap kedepan kawasan Bukit Waung dan Pantai Modangan mampu dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah. Karena ia yakin sejumlah potensi masih bisa digali di kawasan ini menjadi sebuah destinasi baru.

"Ini (Pantai Modangan) merupakan the hidden paradise (surga tersembunyi). Saya yakin ini bisa mengalahkan Mandalika, tapi tergantung dari Pemdanya. Tidak semua daerah dapat grand final. Ini menjadi kesempatan bagi Malang," jelasnya

"Kalau dikemas, potensi wisatanya naik. Minimal Paralayang dulu yang masuk. Kita lihat ombaknya juga bagus. Memang untuk surfing tidak bisa, namun wind surfing itu bisa. Di sini juga berpotensi untuk menggelar lomba panjat tebing dan banyak potensi lain," Arief menambahkan.

Tentu saja, hal itu akan berdampak banyak bagi pemerintah daerah dan khususnya masyarakat sekitar, terutama di sektor prestasi maupun ekonomi melalui pengembangan beragam destinasi objek wisata.

Paragliding Trip of Indonesia (TROI) memasuki seri kelima atau grand final di Bukit Waung, Pantai Modangan, Sumberoto, Donomulyo Malang, Jawa Timur, (23-25/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News