Greenpeace Desak Australian Great Bight Jadi Kawasan Dilindungi

Greenpeace Desak Australian Great Bight Jadi Kawasan Dilindungi
Greenpeace Desak Australian Great Bight Jadi Kawasan Dilindungi

Greenpeace mendesak kawasan Australian Great Bight mendapat status perlindungan yang sama dengan Great Barrier Reef.

Seruan itu disampaikan dalam aksi unjuk rasa yang diikuti ratusan orang menentang rencana pengeboran minyak di teluk terbuka di pantai selatan daratan Australia tersebut.

Desakan itu disampaikan seiring dengan kehadiran kapal ikonik dari organisasi pecinta lingkungan hidup Greenpeace, Rainbow Warrior.

Kapal itu tengah meningkatkan kampanye anti-pengeboran minyak mereka dengan menyinggahi kawasan Great Southern Reef dari Victoria ke Australia Barat, untuk memprotes perusahaan minyak Norwegia, Equinor, yang akan melakukan pengeboran sumur minyak di teluk terbuka itu tahun depan.

Kapal Rainbow Warrior memimpin unjuk rasa di Port Lincoln, Australia Selatan pada hari Minggu (9/12/2018) di mana sekitar 100 orang membuat armada dari papan selancar, papan dayung, kapal pesiar dan kapal bertenaga yang diapit oleh sekitar 300 pengunjuk rasa di dermaga.

Direktur Eksekutif Greenpeace Australia dan Pasifik, David Ritter, mengatakan Great Australian Bight merupakan kawasan yang unik dan pengeboran minyak di daerah itu merupakan sesuatu yang "gila".

"Di tempat yang megah dan istimewa seperti Bight, di mana banyak komunitas lokal dan margasatwa fantastis bergantung pada lautan yang sehat, akan menjadi suatu hal yang gila jika pengeboran minyak disana tetap dilanjutkan," kata Ritter.

"The Great Australian Bight adalah wilayah yang signifikan untuk Australia Selatan (SA) dan untuk semua warga Australia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News