Gubernur Sulteng Rusdy Mastura Kecewa dengan Menparekraf Sandiaga Uno

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura Kecewa dengan Menparekraf Sandiaga Uno
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura (depan)menancapkan bendera sebagai tanda untuk membuka Festival Danau Poso di Kecamatan Pamona Pusalemba, Kota Tentena, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (20/10/2022). ANTARA/Muhammad Izfaldi

jpnn.com - POSO - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura kecewa karena Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno batal hadir membuka Festival Danau Poso (FDP) di Kecamatan Pamona Pusalemba, Kota Tentena, Kabupaten Poso, Kamis (20/10) malam. 

Rusdy Mastura menjelaskan kekecewaan itu karena segala bentuk persiapan telah dilakukan baik Pemerintah Provinsi Sulteng maupun Pemerintah Kabupaten Poso sejak Januari 2022.

"Kami kecewa karena menparekraf sudah menjanjikan untuk datang, akan tetapi tiba-tiba dibatalkan," kata Rusdy Mastura seusai membuka FDP, Kamis (20/10) malam.

Meski demikian, Rusdy menegaskan pihaknya tetap menyelenggarakan Festival Danau Poso secara maksimal tanpa hambatan apa pun. "Kami tetap jalan dengan maksimal meskipun menparekraf membatalkan untuk datang membuka FDP," ungkapnya.

Adapun FDP merupakan pertunjukan tertua yang sudah digelar sejak 1989 di sepanjang pinggir Danau Poso yang menampilkan berbagai seni dan budaya dari berbagai kabupaten/kota. 

Akan tetapi dalam perjalanannya FDP sempat terhenti akibat rangkaian konflik kemanusiaan yang panjang serta penyebaran wabah Covid-19 di Sulteng.

"Namun, saat ini kembali digelar untuk menghapus stigma sekaligus memulihkan citra Poso yang nyaman dan damai dalam bingkai toleransi yang luar biasa," kata Rusdy.

Selanjutnya, sambung dia, FDP yang mengusung tema 'Pesona Megah Sulawesi Tengah' di antaranya menampilkan kuliner khas daerah, lokakarya budaya, teatrikal serta kolaborasi musik dan tarian daerah.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura kecewa dengan Menparekraf Sandiaga Uno yang membatalkan hadir pada Festival Danau Poso (FDP). 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News