Gubernur Zainal: Kalimantan Utara Sedang Bersolek Menarik Investor

Gubernur Zainal: Kalimantan Utara Sedang Bersolek Menarik Investor
Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang. Antara/Susylo Asmalyah

jpnn.com, KALIMANTAN UTARA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menggelar Investment Forum Kalimantan Utara secara daring, yang dikombinasikan dengan talkshow, Rabu (13/10).

Forum ini diselenggarakan dengan sejumlah pertimbangan, salah satunya merujuk pada laporan perekonomian Provinsi Kalimantan Utara, yang disusun Bank Indonesia, pada Agustus 2021.

Dari data itu terlihat pertumbuhan ekonomi provinsi ini pada triwulan II 2021 tumbuh 5,81% (year on year).

Angka ini meningkat dari triwulan sebelumnya, yang masih terkontraksi sebesar 1,91% (year on year).

Peningkatan kinerja perekonomian Kalimantan Utara pada triwulan II 2021 didorong oleh akselerasi kinerja seluruh lapangan usaha utama, yakni pertambangan, perdagangan dan konstruksi.

Dari sisi pengeluaran, peningkatan ekonomi provinsi ini di triwulan II 2021 terutama disebabkan oleh baiknya kinerja ekspor, PMTB (Pembentukan Modal Tetap Bruto) dan konsumsi rumah tangga.

“Provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini memiliki potensi kekayaan sumber daya alam, utamanya adalah minyak bumi, gas alam dan batu bara, dan yang pasti energi baru terbarukan,” kata Gubernur Kalimantan Utara H. Zainal A. Paliwang.

Dari 17 sektor perekonomian Kalimantan Utara, menurut Zainal, sektor pertambangan dan penggalian merupakan penopang utama ekonomi.

Dari 17 sektor perekonomian di Kalimantan Utara, menurut Gubernur Zainal, sektor pertambangan dan penggalian merupakan penopang utama ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News