Guguran Lava Gunung Karangetang Menimbulkan Kepulan Asap Putih

Guguran Lava Gunung Karangetang Menimbulkan Kepulan Asap Putih
Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara. (ANTARA/HO Pos PGA Karangetang)

jpnn.com, MANADO - Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara, masih meluncurkan guguran lava pada Kamis pagi.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang Yudia P Tatipang mengatakan guguran lava masih meluncur dari kawah gunung api itu selama periode pengamatan Kamis pukul 00.00 sampai 06.00 WITA.

Menurut dia, guguran lava meluncur ke arah Kali Kahetang sejauh lebih kurang 1.750 meter; Kali Batuawang dan Kali Batang sejauh sekitar 1.000 meter; Kali Timbelang sejauh sekitar 800 meter; serta Kali Beha Barat sejauh lebih kurang 1.500 meter.

"Guguran lava ini terkadang menimbulkan kepulan asap putih kelabu tipis sampai tebal," katanya di Manado.

Dia mengatakan bahwa tinggi sinar api di kawah satu dan dua Gunung Karangetang antara 10 meter dan 25 meter selama masa pengamatan.

Gunung api itu selama pengamatan terekam mengalami 67 gempa guguran dengan amplitudo lima hingga 35 milimeter selama 50 sampai 176 detik serta tremor menerus dengan amplitudo 0,5 sampai lima milimeter.

"Tingkat aktivitas Gunung Karangetang berada pada Level III, Siaga," kata Yudia.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pada tingkat aktivitas Level IIl (Siaga) warga, wisatawan, dan pendaki tidak boleh beraktivitas dan mendekati area dalam radius 2,5 kilometer dari kawah utama (selatan) dan kawah II (utara) Gunung Karangetang serta area dalam radius 3,5 km di sektor barat daya dan tenggara gunung tersebut.

Warga di sekitar Gunung Karangetang dianjurkan menyiapkan masker penutup hidung dan mulut guna menghadapi kemungkinan terjadi hujan abu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News