Gunung Anak Krakatau Meletus, Perhatikan Karakter Letusannya

Gunung Anak Krakatau Meletus, Perhatikan Karakter Letusannya
Tangkapan layar kamera CCTV yang memperlihatkan erupsi yang keluar dari kawah Gunung Anak Krakatau di Lampung, Selasa (28/11/2023). Foto: ANTARA/HO-PVMBG

jpnn.com - JAKARTA - Gunung Anak Krakatau meletus pada hari ini, Selasa 28 November 2023, pukul 06.29 WIB.

Gunung Anak Krakatau yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, itu meletus dengan meluncurkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Anggi Nuryo Saputro dalam laporan yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan erupsi itu terjadi pukul 06.29 WIB.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah utara. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 70 milimeter dan durasi 130 detik," kata Anggi.

Gunung Anak Krakatau kini berada pada status level III atau siaga.

Sejak 1 Januari hingga 28 November 2023, gunung api aktif itu tercatat meletus sebanyak 80 kali.

PVMBG merekomendasikan masyarakat untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.

Sejak kelahiran Gunung Anak Krakatau pada Juni 1927 hingga saat ini, erupsi berulang kali terjadi, sehingga Gunung Anak Krakatau tumbuh semakin besar dan tinggi mencapai 157 meter di atas permukaan laut.

Gunung Anak Krakatau meletus pada hari ini, 28 November 2023. Perhatikan karakter letusan gunung yang terletak di Kabupaten Lampung itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News