Gunung Ibu di Maluku Utara Meletus, Melontarkan Abu Vulkanik Setinggi 1 Kilometer

Gunung Ibu di Maluku Utara Meletus, Melontarkan Abu Vulkanik Setinggi 1 Kilometer
Kolom abu vulkanik berwarna kelabu membumbung akibat aktivitas erupsi yang terjadi pada Gunung Ibu yang terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara, Kamis (8/2/2024). (ANTARA/HO-PVMBG)

jpnn.com - JAKARTA - Gunung Ibu di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara, meletus pukul 13.41 WIT.

Gunung Ibu melontarkan abu vulkanik setinggi satu kilometer dari puncak kawah gunung berapi aktif tersebut.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu Axl Roeroe mengatakan letusan itu memiliki amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi lebih kurang 1 menit 28 detik.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur," ujarnya dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis (8/2)..  

Gunung Ibu berada pada status level II atau waspada dengan rekomendasi masyarakat di sekitarnya agar tidak beraktivitas di dalam radius dua kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif.

Apabila terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata).

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut terletak di barat laut Pulau Halmahera.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

Gunung Ibu di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara, meletus pukul 13.41 WIT dan melontarkan abu vulkanik setinggi satu kilometer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News