Gunung Marapi Kembali Meletus

Gunung Marapi Kembali Meletus
Gunung Marapi. Foto: padangekspres/jpg

jpnn.com, BATUSANGKAR - Gunung api Marapi di wilayah Kabupaten Agam dan Tanahdatar, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (4/6), kembali meletus dan mengeluarkan abu vulkanis dengan ketinggian 300-700 meter.

Kondisi itu dirasakan masyarakat terutama di daerah Kecamatan Sungaitarab dan Kecamatan Salimpuang.

Berdasarkan data Kepala SDM Badan Geologi PVMBG sebagaimana yang diungkapkan Kepala BPBD Tanahdatar, Indra Kusuma erupsi letusan terjadi sebanyak dua kali.

Letusan pertama terjadi pukul 10.01, kolom abu tebal dengan tekanan sedang mengempul mencapai ketinggian 300 meter.

Letusan kedua pukul 10.22 mencapai ketinggian 700 meter dari puncak. Namun sampai sore harinya, debu api Gunung Marapi sudah mulai hilang.

Pj Wali Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungaitarab, Pendri saat dihubungi Padang Ekspres (Jawa Pos Group) membenarkan kejadian tersebut. Debu dari asap Gunung Marapi mengenai tanaman masyarakat.

Sementara itu, untuk mengantisipasi supaya abu dan bau belerang tidak terhirup warga, pihaknya telah meminta kepada puskesmas setempat yakni Puskesmas Sungaitarab I Rao-Rao, agar memberikan masker kepada Masyarakat.

“Kita pun juga meminta kepada Pemkab melalui dinas kesehatan untuk membagikan masker di wilayah yang terdampak abu vulkanik,” tuturnya.

Gunung api Marapi di wilayah Kabupaten Agam dan Tanahdatar, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (4/6), kembali meletus dan mengeluarkan abu vulkanis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News