Gunung Semeru Erupsi pada Jumat Pagi

Gunung Semeru Erupsi pada Jumat Pagi
Gunung Semeru erupsi. Foto: ANTARA/ PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM

jpnn.com, LUMAJANG - Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi, Jumat(17/1) sekitar pukul 05:53 WIB.

Ketinggian kolom abu akibat erupsi teramati sekitar 400 meter di atas puncak ( sekitar 4.076 meter di atas permukaan laut).

"Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi kurang lebih 2 menit 9 detik," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM, Hendra Gunawan saat dihubungi dari Lumajang, Jumat (17/1).

Menurutnya erupsi Gunung Semeru menyemburkan kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang yang condong ke arah timur laut.

"Erupsi Gunung Semeru disertai dengan gempa letusan yang tercatat sebanyak 17 kali dengan amplitudo10-23 mm selama 56-130 detik," tuturnya.

Terekam juga gempa guguran sebanyak satu kali dengan amplitudo 3 mm yang berdurasi 75 detik, kemudian gempa embusan sebanyak enam kali dengan amplitudo 3-9 mm selama 10-105 detik, dan terekam adanya gempa tremor harmonik sebanyak satu kali dengan amplitudo 2 mm selama 122 detik.

"Berdasarkan pantauan secara meteorologi, cuaca cerah, berawan, dan mendung, kemudian angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara, timur, selatan, dan barat dengan suhu udara 22-29 derajat celcius," katanya.

Hendra mengatakan erupsi seperti itu di Gunung Semeru sering terjadi karena menandakan gunung api tersebut masih aktif dan dampaknya hanya disekitar puncak gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu, sehingga tidak ada peningkatan aktivitas.

Gunung Semeru mengalami erupsi pada Jumat(17/1) pagi, tinggi kolom abu teramati sekitar 400 meter di atas puncak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News