Guru Robot Bikin Siswa Tidak Stres

Ajarkan Bahasa Inggris pada 21 SD di Korsel

Guru Robot Bikin Siswa Tidak Stres
Foto AFP/Ho/Daegu Metropolitan Office
SEOUL - Bagaimana rasanya belajar dengan guru bukan manusia? Anda bisa tanyakan itu kepada para siswa dari 21 SD (sekolah dasar) di Kota Daegu, sebelah tenggara Korea Selatan (Korsel). Dinas Pendidikan Daegu mendatangkan 29 robot untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada para siswa SD di sana. Pelajaran dengan guru robot itu dimulai sejak Senin lalu (27/12).

Salah satu di antara robot tersebut adalah Engkey, robot berbentuk mirip telur yang dikembangkan oleh the Korea Institute of Science of Technology (KIST). Dilengkapi dengan panel display TV di bagian wajah, robot-robot setinggi 3,3 kaki (sekitar satu meter) itu bergerak di ruang kelas sambil bicara kepada siswa. Robot-robot tersebut juga "membacakan" buku dan menari dengan iringan musik sambil menggerakkan kepala dan tangannya.

Robot-robot itu, yang memperlihatkan wajah dari perempuan Kaukasus pada display-nya, dikontrol dari jarak jauh oleh guru bahasa Inggris di Filipina. Mereka bisa melihat dan mendengarkan siswa  lewat sistem remote control. Lalu, kamera mendeteksi ekspresi wajah para guru Filipino tersebut dan secara instan merefleksikannya pada wajah dalam display.

"Guru Filipino yang terdidik dan berpengalaman jauh lebih murah (ongkos atau gajinya) dibandingkan kolega mereka dari belahan bumi lainnya. Termasuk, para guru dari Korea Selatan," kata Sagong Seong-Dae, ilmuwan senior di KIST kepada Agence-France Presse.

SEOUL - Bagaimana rasanya belajar dengan guru bukan manusia? Anda bisa tanyakan itu kepada para siswa dari 21 SD (sekolah dasar) di Kota Daegu, sebelah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News