Gus Imin Beber Idenya Memajukan Petani, Salah Satunya dengan Reformasi Agraria Sejati

Gus Imin Beber Idenya Memajukan Petani, Salah Satunya dengan Reformasi Agraria Sejati
Cawapres nomor urut 1 di Pilpres 2024 Muhaimin Iskandar berdialog dengan Serikat Petani Pasundan di Garut, Jawa Barat, pada Kamis (4/1) siang. Foto: Tim Media AMIN

jpnn.com, GARUT - Cawapres nomor urut 1 di Pilpres 2024 Muhaimin Iskandar berjanji akan menuntaskan reformasi agraria yang sebenar-benarnya.

Pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 itu menyatakan janjinya saat bertemu Serikat Petani Pasundan di Garut, Jawa Barat, pada Kamis (4/1) siang.

Menurut Gus Imin (panggilan akrabnya), reformasi agraria sejati berarti tanah negara tidak dikuasai segelintir kelompok tertentu, tetapi harus digunakan untuk kemakmuran petani.

“Kami akan mendorong bahwa tanah-tanah milik BUMN, BUMD, pemda, bahkan instansi pemerintah untuk dimanfaatkan rakyat," ujar Gus Imin.

Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga berjanji akan menuntaskan distribusi agraria atau pembagian tanah untuk rakyat.

Menurut Gus Imin, kebijakan distribusi agraria akan membuat rakyat, khususnya yang berprofesi sebagai petani, memiliki kemampuan berproduksi dengan baik.

“Jadi, jauh sebelum kebutuhan-kebutuhan lain, yang paling pokok adalah tanah," tutur Gus Imin yang pada pertemuan itu mengenakan caping.

Wakil ketua DPR RI yang membidangi kesejahteraan rakyat itu menegaskan tanah merupakan syarat bagi petani untuk berproduksi dan makmur. Namun, sampai saat ini upaya memperjuangkan hak rakyat atas tanah belum selesai.

Muhaimin Iskandar berjanji akan menuntaskan reformasi agraria yang sebenar-benarnya saat berdialog dengan Serikat Petani Pasundan di Garut, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News