Gus Imin: Gerakan Desa Wisata Bisa Mendongkrak Potensi Ekonomi Kreatif

Gus Imin: Gerakan Desa Wisata Bisa Mendongkrak Potensi Ekonomi Kreatif
Muhaimin Iskandar alias Gus Imin (depan). Foto: Tim PKB

jpnn.com - TRENGGALEK - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin mengatakan potensi besar yang ada di perdesaan belum tergali secara maksimal.

Menurut Gus Imin desa memiliki keunggulan yang bisa menggerakkan sekaligus membangkitkan roda ekonomi masyarakat setempat setelah pandemi.

"Desa itu biasanya memiliki potensi alam yang biasanya indah dan berkualitas, tetapi tidak terangkat menjadi informasi sehingga potensinya hilang," kata Gus Imin saat berkunjung ke Desa Ngepeh, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek dalam rangkaian Safari Ramadan 1444 Hijriah, Senin (17/4).

Gus Imin pun mendorong Gerakan Desa Wisata untuk mengembangkan potensi alam sekaligus ekonomi masyarakat pedesaan.

"Gerakan desa wisata ini menjadi jalan keluar untuk mendongkrak potensi desa sekaligus menumbuhkan dan mengembangkan ekonomi kreatif," kata Gus Imin.

Menurut Gus Imin, andai ekonomi kreatif digerakkan melalui wisata bukan hanya mendongkrak kapasitas sumber daya alamnya, tetapi juga menumbuhkan efek pertumbuhan ekonomi kreatif lainnya, seperti kerajinan tangan, produksi makanan atau kuliner, transportasi, dan pertumbuhan ekonomi terkait.

"Oleh karena itu saya menyambut baik dan mendukung sepenuhnya desa-desa wisata dikembangkan secara serius oleh pemerintah. Bahkan dijadikan target wisata baru, sehingga konsentrasi itu menjadi percepatan yang akan memakmurkan desa," katanya.

Untuk mengoptimalkan gagasan itu, Gus Imin mendorong pemerintah segera menyiapkan alokasi anggaran yang cukup serta membangun infrastruktur yang memadai di setiap desa.

Gus Imin menyambut baik dan mendukung sepenuhnya desa-desa wisata dikembangkan secara serius oleh pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News