Gus Jazil: Sukseskan Pilkada untuk Keberlangsungan Sirkulasi Pemimpin Daerah

Gus Jazil: Sukseskan Pilkada untuk Keberlangsungan Sirkulasi Pemimpin Daerah
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (Gus Jazil). Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengajak masyarakat menyukseskan Pilkada Serentak 2020 untuk keberlangsungan sirkulasi kepemimpinan di daerah.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang karib disapa Gus Jazil itu memastikan meskipun kasus positif Covid-19 masih tinggi, tidak ada tanda-tanda penundaan pelaksanaan pilkada pada 9 Desember 2020.

Menurut dia, secara administratif sesuai UU Pilkada maka tidak ada masalah dalam penyelenggaraan pesta demokrasi itu.

"Pilkada Serentak harus terselenggara. Saya minta kepada masyarakat untuk mendukung suksesnya Pilkada Serentak 2020 untuk keberlangsungan sirkulasi kepemimpinan di daerah,” kata Gus Jazil.

Hal itu disampaikan Gus Jazil dalam Diskusi Empat Pilar bertajuk “Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di Pilkada 2020 demi Selamatkan Demokrasi” di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (23/11).

Ia menjelaskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 mengacu pada Perppu Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pilkada.

Dalam salah satu pasal disebutkan bila Desember wabah Covid-19 makin besar, pelaksanaan pilkada serentak bisa ditunda kembali.

Menurut Gus Jazil, sampai hari ini kasus positif Covid-19 tinggi, pelanggaran pilkada pun masih banyak tetapi tidak ada rekomendasi dari Bawaslu untuk menunda Pilkada Serentak 2020.

Masih ada keraguan dari masyarakat soal apakah aman atau tidak untuk datang ke TPS pada pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News