Gus Jazil Ziarah ke Makam Para Wali dan Raja Madura

Gus Jazil Ziarah ke Makam Para Wali dan Raja Madura
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (kiri). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, MADURA - Pulau Madura tidak hanya kaya dengan sumber daya alam dan budaya, tetapi juga bersemayam para penyebar agama Islam di Nusantara.

Sebagai ungkapan terima kasih atas syiar dan dakwah para penyebar agama Islam, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid menggunakan libur Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1442 Hijrah, untuk ziarah kubur dan napak tilas ke makam para penyebar agama Islam di Pulau Madura.

“Hari ini saya napak tilas dan ziarah kubur ke makam Waliyullah dan Raja-Raja Kesultanan Islam di Pulau Madura,” ujar pria yang akrab disapa Gus Jazil ini di Bangkalan, Kamis (20/8).

Makam pertama yang didatangi oleh politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu adalah makam Syaikhona Kholil Bangkalan. Ia adalah ulama kharismatik.

Para santri yang menimba ilmu padanya, menyebut Syaikhona Kholil sebagai Waliyullah. Dirinya disebut mempunyai karomah.

“Cerita karomah yang dimiliki beliau diyakini oleh masyarakat Madura,” ujarnya.

“Beliau juga masih ada pertalian darah dengan Sunan Gunung Jati,” tambahnya.

Selepas berziarah di Bangkalan, pria asal Pulau Bawean, Jawa Timur, itu melanjutkan napak tilasnya ke Pamekasan.

Di kabupaten paling ramai di Pulau Madura, dirinya disambut oleh Bupati Badruttaman dan Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar.

Wakil Ketua MPR RI Gus Jazil menggunakan libur Tahun Baru Islam untuk ziarah kubur dan napak tilas ke makam para penyebar agama Islam di Pulau Madura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News