Gus Menteri Beri Penghargaan untuk 170 Desa di Lamongan yang Tuntaskan Data SDGs

Gus Menteri Beri Penghargaan untuk 170 Desa di Lamongan yang Tuntaskan Data SDGs
Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memberikan piagam penghargaan kepada 170 desa di Kabupaten Lamongan yang telah menyelesaikan pendataan SDGS Desa, pada Sabtu (5/6/2021).

jpnn.com, LAMONGAN - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Lamongan Yuhronur  Efendi menyerahkan piagam penghargaan kepada 170 desa di daerah itu yang telah menyelesaikan pendataan SDGS Desa, Sabtu (5/6).
 
Pada kesempatan itu, Gus Menteri -panggilan Abdul Halim Iskandar mengajak siapa pun untuk memberikan kepercayaan penuh kepada desa,
 
“Berikan kepercayaan pada desa maka semua akan selesai di desa. Tetapi kalau kita tidak percaya kepada desa enggak akan pernah selesai,” ucapnya.

Dia mengatakan yang paling sederhana saat ini adalah data SDGs Desa. Menurut dia, pemutakhiran datanya akan memperlihatkan kerangka desa yang utuh sesuai dengan permasalahan dan potensinya.

Dengan mempunyai data yang benar, lengkap, dan berkelanjutan, itu akan memudahkan pemerintah desa maupun pemerintah daerah dalam menyusun rencana program kerja ke depan.
 
“Saya yakin kalau ini (data SDGs Desa, red) sudah lengkap, Pak Bupati akan memiliki satu yang luar biasa bagusnya untuk menyusun RPJMD,” kata Gus Menteri.

Dengan data tersebut, lanjutnya, maka siapa pun yang ingin tahu tentang situasi dan kondisi di desa akan mudah mengetahuinya.
 
Dengan data yang sangat detail dan by name by address itu, nantinya akan diketahui tingkat kemiskinan, kesehatan,  pendidikan, dan sebagainya di masing-masing desa.
 
Oleh karena itu, Halim Iskandar meminta kepada desa-desa di seluruh Indonesia untuk segera menyelesaikan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa tersebut. Ia juga memberikan apresiasi kepada desa-desa yang telah menyelesaikan pendataan.
 
“Terima kasih Pak Kades, terima kasih ketua Pokja relawan pendataan desa, para pendamping desa dari atas dukungannya dalam mendata SDGs Desa,” ucap Gus Menteri
 
hadir dalam forum itu Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Kemendes Harlina Sulistyorini, Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Aisyah Gamawati, Plt Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Rosyidah Rachmawati, Inspektur Jenderal Kemendes PDTT Ekatmawati, Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf, dan Ketua DPRD Lamongan Abdul Ghofur beserta jajaran Forkopimda. (*/jpnn)

Pemutakhiran datanya SDGs Desa akan memperlihatkan kerangka desa yang utuh sesuai dengan permasalahan dan potensinya.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News