Gus Yaqut: Langkah Jokowi Gandeng Kiai Ma'ruf Sangat Cerdas

Gus Yaqut: Langkah Jokowi Gandeng Kiai Ma'ruf Sangat Cerdas
Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Foto: GP Ansor

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, keputusan Joko Widodo menggandeng KH Ma'ruf Amin sangat tepat.

"Pilihan terhadap KH Ma'ruf Amin sebagai cawapres Jokowi merupakan bentuk penghargaan kepada Nahdlatul Ulama dan ulama. Ansor mengapresiasi pilihan Pak Jokowi," kata Yaqut, Jumat (9/8).

Menurut pria yang karib disapa Gus Yaqut utu, pasangan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin merupakan representasi nasionalis religius.

Dia menambahkan, kombinasi nasionalis religius tersebut merupakan pilihan mayoritas masyarakat Indonesia.

"Nasionalis religius ini kombinasi ideal. Menjawab semua ekspektasi masyarakat. Sudah cocok," ujar Gus Yaqut.

Terpilihnya Kiai Ma'ruf, lanjut Gus Yaqut, akan membuat NU solid. Dia menilai keputusan Jokowi memilih Kiai Ma'ruf sebagai cawapres sangat cerdas.

"Jelas NU akan solid karena kiainya, ulamanya, terpilih sebagai cawapres. Bagi warga NU, ini kebanggaan. Karena itu, NU tidak akan bergeser ke mana pun," imbuh Gus Yaqut.

Gus Yaqut menambahkan, kekhawatiran dipilihnya KH Ma'ruf Amin tidak mewakili kalangan milenial dan kelas menengah tidak perlu dirisaukan.

Pasalnya, NU memiliki banyak badan otonom yang anggotanya kalangan muda seperti Gerakan Pemuda Ansor, Fatayat, PMII, IPNU/IPPNU yang dapat menjadi jembatan komunikasi ke kelompok milenial dan kelas menengah.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, keputusan Joko Widodo menggandeng KH Ma'ruf Amin sangat tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News