Gus Yaqut Menjelaskan Idenya soal Doa Lintas Agama

Gus Yaqut Menjelaskan Idenya soal Doa Lintas Agama
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab dipanggil Gus Yaqut. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Gagasan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut tentang perlunya pembacaan doa semua agama yang diakui di Indonesia pada acara-acara resmi di kemenag mendapat kritikan dari Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas.

Anwar Abbas menilai Gus Yaqut gagal paham dalam memaknai toleransi beragama.

Gus Yaqut menyatakan wacana pembacaan doa lintas agama yang sempat dia lontarkan masih sebatas saran untuk dilakukan di internal Kementerian Agama.

"Itu kan bersifat internal, di lingkungan Kemenag. Itu pun hanya untuk kegiatan berskala besar seperti dapat besar seperti Munas (musyawarah nasional)," kata Gus Yaqut yang juga Ketua Umum GP Ansor tersebut saat dikonfirmasi awak media usai mengisi seminar pemikiran di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (6/4).

Gus Yaqut menjelaskan pembacaan doa lintas agama didasari asumsi bahwa Kementerian Agama tidak hanya menaungi satu agama saja. Melainkan semua agama yang ada dan diakui di Indonesia.

"Ingat, ini Kementerian Agama. Menaungi semua agama yang diakui di negara ini. Bukan Kementerian Islam yang hanya menaungi satu agama Islam saja," tegasnya.

Oleh karenanya, doa lintas keyakinan dirasa perlu dilakukan agar menjadi representasi keterwakilan masing-masing pemeluk agama yang ada di lingkup organisasi kepegawaian Kemenag.

"(Bukankah) negara ini didirikan oleh banyak agama. Bukan Islam saja," tegasnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut menjelaskan soal ide perlunya pembacaan doa lintas agama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News