Guus Hiddink Resmi Pamit dari Dunia Sepak Bola

Guus Hiddink Resmi Pamit dari Dunia Sepak Bola
Guus Hiddink resmi pamit dari dunia sepak bola di tahun ini. Foto: (Marca)

jpnn.com, WILLEMSTAD - Guus Hiddink secara resmi mengumumkan pensiun dari dunia kepelatihan di tahun ini. Tercatat pria berusia 74 tahun itu terakhir kali menjabat sebagai manajer tim nasional Curacao.

Hiddink memutuskan pensiun usai melihat masih merebaknya virus Covid-19 sejak awal 2020. Posisinya di timnas Curacao digantikan sementara oleh Patrick Kluivert.

Bersama pria asal Belanda ini, Curacao mampu melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia zona Concacaf, meski gagal melaju ke fase terakhir setelah kalah dari Panama.

"Saya berbicara dengan presiden dan kami sampai pada kesimpulan bahwa dengan tim menuju ke arah yang baru, lebih baik saya pergi. Saya akan berhenti untuk melatih seterusnya."

"Saya absen untuk sementara waktu karena Covid-19 dan kami tidak berhasil di kualifikasi Piala Dunia serta tidak dapat ambil bagian di Piala Emas," ungkap Hiddink dilansir dari situs Marca.

Hiddink mengawali karier kepelatihannya pada 1982. Saat itu dia ditunjuk menjadi asisten manajer klub Belanda, De Graafschap.

Dua tahun berselang, dirinya ditawari untuk menjadi asisten pelatih PSV Eindhoven.

Baru pada 1987, Hiddink diangkat menjadi kepala pelatih PSV, di mana pada musim pertamanya, Hiddink sukses meraih treble winner bersama klub asal Belanda itu.

Guus Hiddink secara resmi mengumumkan pensiun dari dunia kepelatihan di tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News