Hadapi Tantangan Energi Global, Ini Sejumlah Langkah yang Dilakukan Pertamina

Hadapi Tantangan Energi Global, Ini Sejumlah Langkah yang Dilakukan Pertamina
Pertamina melakukan sejumlah langkah untuk menghadapi tantangan energi global. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Pertamina

jpnn.com, NEW DELHI - Senior Vice President Research Technology & Innovation PT Pertamina (Persero) Oki Muraza mengungkapkan ketegangan politik yang terjadi di Eropa telah menyebabkan kenaikan harga energi yang berbahaya bagi keamanan dan ketahanan energi di Indonesia.

“Jadi kami harus berusaha untuk meningkatkan ketahanan energi, dan pada saat yang sama kami harus berusaha untuk mencapai target-target sustainability. Bagaimana kami mengurangi emisi dan menambah volume bisnis energi hijau, listrik ramah lingkungan dan lain-lain,” kata Oki Muraza di sela-sela Sustainability Summit B20 yang berlangsung di New Delhi, India, Selasa (22/8).

Menurut Oki, sebelum terjadinya krisis geopolitik tersebut, Eropa menjadi salah satu pemimpin dalam perubahan menuju sustainability.

Namun dengan menurunnya energy security, di mana Eropa kembali mengimpor energi seperti batu bara, terjadi perubahan dalam bauran energi yang berdampak bagi dunia.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, negara-negara berkembang, seperti Indonesia dan India dengan pendapatan yang rendah perlu membangun kerja sama dengan negara maju, utamanya dalam hal modal atau pembiayaan.

Menurut Oki, kerja sama sangat penting untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kami sudah ada beberapa contoh misalnya melakukan kerja sama dengan Jepang CO2 Injection di Lapangan Jatibarang, dan selanjutnya CO2 injection di lapangan Sukowati," sebutnya.

Oki menegaskan Pertamina akan terus memperluas kerja sama dengan melibatkan banyak pendanaan internasional dalam rangka mendukung transisi energi di Indonesia.

Selain itu, kata Oki, dalam transisi energi pengembangan teknologi menjadi kunci, karena dengan pengembangan teknologi keekonomian akan semakin membaik.

Oki Muraza membeberkan sejumlah langkah yang dilakukan Pertamina dalam menghadapi tantangan energi global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News