Hadi Tjahjanto Blusukan ke Gowa Ingin Pastikan Program yang Digagas Jokowi Tepat Sasaran

Hadi Tjahjanto Blusukan ke Gowa Ingin Pastikan Program yang Digagas Jokowi Tepat Sasaran
Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto didampingi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyerahkan sertifikat tanah secara langsung kepada warga di Desa Desa Maccini Baji, Jumat (25/11). Foto: Dokumentasi Humas Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, GOWA - Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto 'blusukan' atau mengunjungi rumah-rumah warga secara langsung di Desa Maccini Baji, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan untuk memastikan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang digagas Presiden Jokowi tepat sasaran.

Dia menilai pengurusan sertifikat tanah melalui PTSL di Kabupaten Gowa sudah berjalan dengan baik.

Hal ini terungkap seusai dirinya berinteraksi dan menanyakan langsung kepada masyarakat.

"Saya sendiri sudah mengecek langsung ke masyarakat tadi. Saya tanya apakah ditarik biaya? Jawabannya gratis. Apakah lama? Cepat sekali,” ujar Hadi Tjahjanto saat menyerahkan sertifikat tanah secara door to door di Kabupaten Gowa, Jumat (25/11).

Mantan Panglima TNI itu menyampaikan dengan adanya program PTSL diharapkan dapat memberikan kepastian hukum dan rasa aman bagi masyarakat serta meminimalisir timbulnya sengketa dan konflik pertanahan.

"Saya turun langsung menyerahkan sertifikat ini bertujuan untuk memastikan sudah sesuai dengan penerima dan luas bidang tanahnya sekaligus memastikan agar tidak ada praktik pungli (pungutan liar) dan pemungutan biaya yang dilakukan oleh petugas saat proses penerbitan sertifikat," bebernya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Hadi kembali mengingatkan siap menindak tegas terhadap mafia pertanahan.

"Saya juga memperingatkan bagi siapa saja yang berani bermain-main dalam kegiatan berunsur mafia tanah dalam proses ini, saya akan gebuk," tegasnya.

Menteri Hadi Tjahjanto mengecek langsung ke masyarakat di Gowa untuk memastikan program PTSL yang digagas Jokowi tepat sasaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News