Hadi Tjahjanto Minta Para Kepala Desa di Jombang Menyukseskan PTSL

Hadi Tjahjanto Minta Para Kepala Desa di Jombang Menyukseskan PTSL
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto bertemu dengan 306 kepala desa dalam kunjungan kerjanya ke Jombang, Jawa Timur. Foto: dok Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, JOMBANG - Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto bertemu dengan 306 kepala desa dalam kunjungan kerjanya ke Jombang, Jawa Timur.

Bertempat di pendopo Bupati Jombang, Menteri Hadi mengajak para kades untuk menyukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Program PTSL adalah program revolusioner dari Presiden untuk memberikan kepastian hukum kepada warga masyarakat, juga agar tanah warga juga naik nilai ekonomisnya. Karenanta tugas kita semua, terutama kepala desa untuk ikut mendukung dan mensukseskan program PTSL di Jombang," kata Menteri Hadi.

"Bagi desa yang belum memiliki peta desa, saya mendorong dilaksanakan kerjasama pembuatan peta desa antara Pemerintah Desa dan Kementerian ATR/BPN."

Menurut Hadi Thahjanto, keuntungan dari program ini adalah desa dapat memanfaatkan peta hasil pengukuran dan pemetaan bidang untuk identifikasi potensi desa berbasis bidang.

Konsep berbagi peta menawarkan solusi bagi pemenuhan kebutuhan peta desa untuk kepentingan pembangunan, sekaligus mendukung Program PTSL sehingga mewujudkan Desa Lengkap.

Menteri Hadi Thahjanto memberikan informasi bahwa pertumbuhan ekonomi yang ditimbulkan dari suksesnya program PTSL sendiri luar biasa.

Pada 2022 nilai ekonomi yang tercatat dari aktifitas hak tanggungan dan lain-lain mencapai angka Rp 5.574 trilliun. Khusus untuk Kabupaten Jombang mencapai Rp 1,76 trilliun.

Menteri Hadi Thahjanto memberikan informasi bahwa pertumbuhan ekonomi yang ditimbulkan dari suksesnya program PTSL sendiri luar biasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News