Hadiri Pra Penas 2022, 5 Ribu Insan Pertanian Siap Wujudkan Kemandirian Pangan

Hadiri Pra Penas 2022, 5 Ribu Insan Pertanian Siap Wujudkan Kemandirian Pangan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat membuka Pra Penas Petani Nelayan 2022 di Maros, Sulsel, Sabtu (25/6). Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, MAROS - Pra Pena 2022 di Maros, Sulawesi Selatan, resmi dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sabtu (25/6).

Melalui kegiatan ini diharapkan terbangun sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

Mentan Syahrul menegaskan komitmennya dalam memantapkan penguatan komoditi lokal untuk kemandirian pangan.

"Sekaligus demi meningkatkan kesejahteraan petani serta mengantisipasi krisis pangan global yang saat ini sedang melanda dunia," ujar Mentan Syahrul.

Menurutnya, kegiatan ini adalah bagian konsolidasi konsep dan program Kementan.

"Dunia sedang lagi tidak baik-baik, dunia sedang krisis pangan. Indonesia negara ke empat terbesar sekitar 273 juta orang. Biarkan badai gelombang dunia menghajar pangan, tetapi Indonesia karena ada KTNA siap menjadi negara yang damai, aman dan tenteram," ujar mantan Gubernur Sulsel itu.

Dia mengungkapkan krisis dunia yang terjadi sekarang membuat banyak negara inflasi.

"Ekspor kita naik tahun 2020 sebesar 15 persen, dan 2021 sebesar 38,68 persen itu semua berkat pertanian kita yang banyak menyumbang," sebut Mentan Syahrul.

Menteri Pertanian Yasin Limpo resmi membuka Pra Penas Petani Nelayan 2022 yang berlangsung di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/6)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News