JPNN.com

Hakeem al Araibi Resmi Jadi Warga Negara Australia

Selasa, 12 Maret 2019 – 20:00 WIB Hakeem al Araibi Resmi Jadi Warga Negara Australia - JPNN.com

Pesepakbola dan pengungsi Hakeem al-Araibi sekarang dapat menyebut Australia sebagai rumahnya.

Satu bulan setelah dibebaskan dari penjara Thailand di mana dia ditahan saat menunggu sidang ekstradisi, Hakeem al-Araibi kini telah menjadi warga negara Australia.

Dia mengucapkan ikrar sebagai warga negara Australia pada upacara kewarganegaraan di Melbourne, Victoria di mana dia didampingi Perdana Menteri Scott Morrison, Menteri Luar Negeri Marise Payne dan mantan pemain tim sepak bola Australia Socceroo Craig Foster, yang mempelopori kampanye media menuntut pembebasan Hakeem al-Araibi dari penjara.

Al-Araibi, seorang pengungsi asal Bahrain, menjadi orang yang dicari di negara asalnya atas tuduhan perusakan, yang menurutnya bermotivasi politik.

Dia ditahan selama 76 hari di Thailand atas permintaan Bahrain, setelah mendapat informasi dari Interpol.

Kampanye "#SaveHakeem" untuk pembebasannya dimulai sebagai gerakan akar rumput dan berkembang ke kelompok olahraga dan organisasi non-pemerintah, serikat pekerja dan pemerintah, ketika tekanan publik meningkat di Australia, Thailand, dan di seluruh dunia.

Hakeem al-Araibi saat ini bermain semi-profesional untuk Pascoe Vale Football Club Melbourne dan disambut dengan sorak-sorai dan nyanyian ketika dia berjalan melalui area kedatangan di Bandara Melbourne sebulan yang lalu.

'Hari yang istimewa bagi Australia'

Hakeem al Araibi Resmi Jadi Warga Negara Australia Photo: Hakeem alaraibi disambut pendukung usai di bandara Melbourne usai dibebaskan dari penjara di Thailand. (ABC News)

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...