Hal-Hal Penyebab Punggung Sakit

Hal-Hal Penyebab Punggung Sakit
Hal-Hal Penyebab Punggung Sakit

jpnn.com - SEBUAH penelitian mengungkapkan bahwa dua dari tiga orang dewasa mengalami sakit leher dan punggung yang cukup serius saat memasuki usia 35 tahun. Kerap kali, penyebabnya adalah hal-hal tak terduga. Misalnya saja akibat pemakaian sepatu hak tinggi atau malah bra yang salah.

British Chiropractic Association (BCA) memiliki pasien yang sakit punggung sesaat setelah membungkukkan badan untuk mengambil sesuatu. Rasa sakit itu seolah terjadi begitu saja.

Namun setelah diselidiki, rupanya aktivitas sehari-hari selama ini perlahan melemahkan otot, tulang, dan sendi punggung. Berikut ini daftar kegiatan sehari-hari yang bisa menyebabkan sakit punggung:

1. Duduk terlalu lama

Para peneliti mengatakan, bekerja di balik meja sepanjang hari adalah perlakuan terburuk bagi punggung anda. "Riset menemukan bahwa orang-orang dengan pekerjaan di balik meja akan menderita sakit punggung lebih sering daripada mereka yang bekerja dengan aktif bergerak. Pekerjaan yang menuntut tubuh bergerak akan menguatkan sendi dan tulang belakang dan mengurangi risiko cedera. Tidak pernah bergerak justru membuatnya lemah dan rawan terhadap penyakit," kata peneliti Tim Hucthful, seperti dilansir laman Mirror, Senin (27/1).

Solusinnya, bangun dan berjalanlah selama dua menit, sekurang-kurangnya setiap satu jam. Pastikan pundak anda rileks, kaki rata menyentuh lantai, dan mata sejajar dengan layar komputer.

2. Sepatu high heels dan flat

Mengenakan sepatu high heels dalam waktu yang lama bisa menyebabkan sakit punggung. "Sepatu heels (hak tinggi, red) mendorong kaki anda ke depan, mengubah sudut berdiri tubuh anda sehingga berat badan tidak terdistribusi secara merata. Ketidakseimbangan ini juga dialami tulang punggung, yang akan memicu rasa sakit dari lutut hingga punggung," kata Chris Hirons, fisioterapis olahraga dari N10 Injury & Sports Therapy Clinic.

SEBUAH penelitian mengungkapkan bahwa dua dari tiga orang dewasa mengalami sakit leher dan punggung yang cukup serius saat memasuki usia 35 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News