Hama Keong Mas Serang Padi

Hama Keong Mas Serang Padi
Hama Keong Mas Serang Padi
CISAAT - Sejumlah petani di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengeluhkan serangan hama keong mas yang belakang merajalela. Keong mas menyerang tanaman padi. Akibatnya, padi yang rata-rata diserang bagian batangnya, menjadi gundul dan mati. Para petani kewalahan dalam membasmi hama tersebut dan menyebabkan kerugian yang cukup besar.

   

Seperti yang dialami oleh salah seorang petani Kampung Cidadap Desa Kutasirna Kecamatan Cisaat, Afandi (65), ia mengatakan tanaman padinya mengalami kerusakan cukup serius, akibat serangan hama tersebut bahkan harus mengalami kerugian cukup besar.

"Belakang ini hama keong mas banyak menyerang sawah, saya sampai kerepotan untuk memebasminya. Tanaman padi saya dan petanilainnya banyak yang rusak, batangnnya patah-patah terus mati.  Sehingga saya harus berkali-kali menanam ulang," akunya.

   

Untuk meminimalisir serangan hama keong itu, Afandi dan petani lainnya mencoba menyemprotkan denagn sejenis obat pembasmi hama khusus untuk keong mas dan dengan pemakain pupuk kimia. Meskipun upaya cukup berhasil dalam menekan serangan hama, namaun diakuinyanya upaya itu tidak mampu dihilangkanserangan hama secara total. Bahkan penggunaan pupuk kimia, masalah menimbulkan serangan hama baru yakni hama sejenis wereng yang tak kalah bahayanya terhadap tanaman padi.

   

CISAAT - Sejumlah petani di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengeluhkan serangan hama keong mas yang belakang merajalela. Keong mas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News