Hamdalah, Bu Mensos Jamin Kualitas Rastra Semakin Bagus

Hamdalah, Bu Mensos Jamin Kualitas Rastra Semakin Bagus
KUALITAS TERJAMIN: Menteri Sosial Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat memeriksa kualitas beras untuk keluarga sejahtera (rastra) di gudang Bulog Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, Kamis (2/2). Foto: Kemensos for JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa terus keliling ke berbagai daerah guna melihat kualitas beras sejahtera (rastra) di gudang-gudang Bulog. Menurutnya, kualitas beras rastra bantuan pemerintah semakin baik dan layak dikonsumsi.

Berbicara di sela-sela kunjungan kerja di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, Kamis (2/2), Khofifah mengatakan, perbaikan kualitas rastra juga mendorong pemerintah untuk mengubah sebutan untuk program bantuan yang sebelumnya bernama beras untuk keluarga miskin (raskin) itu. Lidah Khofifah bahkan tak asing lagi dengan rastra.

Khofifah menuturkan, dirinya sudah terbiasa memakan rastra. "Tidak cuma pandangan mata, tapi saya juga langsung mencicipinya bersama-sama warga penerima manfaat," katanya sebagaimana siaran pers Kemensos.

Karenanya tokoh Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu mendorong warga yang menerima rastra berkualitas jelek untuk segera menukarkannya ke Bulog. “Langsung saja tukar ke gudang bulog dalam tempo waktu satu kali 24 jam," pintanya,

Khusus Kotamobagu, kata Khofifah, ada 5.510 keluarga penerima manfaat (KPM) rastra. Selain itu, ada pula anggaran Rp 4,13 miliar bagi 2.208 peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di daerah otonom yang resmi dimekarkan pada 2007 tersebut.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, saat ini pemerintah tengah mengonversi subsidi pangan menjadi bantuan pangan. Dengan demikian, katanya, penerima bantuan pangan tidak perlu mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok.

"Insya Alllah akhir tahun ini Kotamobagu telah terkonversi menjadi bantuan pangan," ujarnya.

Khofifah bahkan menjanjikan nantinya keluarga penerima manfaat (KPM) program Kemensos bisa memilih beras berdasar kualitas. Penerima KPM juga bisa mengambil bantuan pangan dalam bentuk gula dan barang kebutuhan pokok lainnya.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa terus keliling ke berbagai daerah guna melihat kualitas beras sejahtera (rastra) di gudang-gudang Bulog.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News