Hamdalah, Praveen/Melati Tembus Babak Utama German Open

Hamdalah, Praveen/Melati Tembus Babak Utama German Open
Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti. Foto: Badminton Indonesia

jpnn.com, MULHEIM - Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti memastikan satu tiket babak utama German Open 2018 BWF Word Tour Sper 300. Itu terjadi setelah Praveen/Melati mengalahkan wakil Denmark, Kristoffer Knudsen/Isabella Nielsen, dengan skor 21-14, 21-11.

Pada pertandinga kualifikasi yang digelar di Innogy Sporthalle, Mulheim-An-Der-Rhur, Selasa (6/3) sore WIB, Praveen/Melati butuh waktu 23 menit saja menyingkirkan Kristoffer Knudsen/Isabella Nielsen.

Praveen/Melati tak terlalu banyak menemukan kesulitan di pertandingan pertama mereka di turnamen berhadiah total USD 150 ribu ini. Meskipun lawan memiliki peringkat 65 dunia, lebih baik dibanding Praveen/Melati yang kini duduk di rangking 72 dunia, namun secara kualitas individu dan pengalaman, Praveen/Melati masih lebih unggul.

Di game pertama, Praveen/Melati masih mencari pola permainan yang paling sesuai untuk menghadapi Knudsen/Nielsen. Namun setelah interval game pertama, Praveen/Melati sudah mulai menemukan cara yang jitu untuk segera menyelesaikan perlawanan musuhnya.

Aturan batasan tinggi servis 115 cm dari permukaan lapangan juga mulai diuji coba di German Open 2018. Servis Praveen tercatat satu kali disalahkan oleh hakim servis karena terlalu tinggi, sedangkan Melati tiga kali.

“Hari ini lawan kami masih di bawah kami, jadi secara permainan kami lebih unggul. Di pertandingan tadi, kami lebih banyak coba-coba pukulan dan servis,” ujar Praveen kepada Badminton Indonesia.

“Servis saya tiga kali di-fault sama hakim servis. Di game pertama dua kali, di game kedua sekali. Dibilangnya terlalu tinggi. Saya mencoba kalau di-fault jangan sampai kepikiran dan keganggu permainannya,” ujar Melati.

“Hari ini kami ambil pengalaman soal aturan servis ini, semoga besok kami bisa lebih menyesuaikan diri dengan aturan ini. Sudah beberapa kali latihan servis di pelatnas dengan alat pengukur tinggi servis, jadi kurang lebih tahu batasannya bagaimana,” imbuh Melati.

Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti akan bertemu dengan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di babak utama German Open.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News