Hanya Berkarya, PBB dan PSI yang Solid Dukung Capresnya

Hanya Berkarya, PBB dan PSI yang Solid Dukung Capresnya
Jokowi dan Prabowo saat Debat Capres 17 Januari. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Konstituen sebagian besar partai ternyata tidak solid mendukung calon presiden yang diusung. Menurut survei Indo Barometer, hanya PSI, PBB dan Berkarya yang pemilihnya 100 persen mendukung capres usungan partai.

Pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan, tidak solidnya dukungan kepada calon presiden menunjukkan belum adanya basis suara yang kuat pada masyarakat. Salah satu penyebab masyarakat tidak terlalu perhatian pada partai adalah tidak jelasnya ideologi partai.

“Selain itu orang masih belum merasa diwakili oleh partai politik, begitu juga sebaliknya, partai politik bukan wujud perwakilan seseorang,” katanya.

Untuk diketahui, survei Indo Barometer memperlihatkan bahwa Pasangan Jokowi – Ma’ruf unggul di pemilih PKB (83.3%), PDI Perjuangan (93.4%), Golkar (70.4%), Nasdem (75%), Perindo (81.8%), PPP (47.2%), PSI (100%), Hanura (60%). Sedangkan pasangan Prabowo – Sandi unggul di pemilih Gerindra (91.4%), Berkarya (100%), PKS (61.1%), PAN (60%), Demokrat (57.4%), dan PBB (100%).

BACA JUGA: PSI Tidak Terima Dituding Penyebab Turunnya Elektabilitas Jokowi

Ray mengatakan, partai lebih banyak pragmatis pada masa Pilpres tahun ini. Itu bisa dilihat dari tidak ada penekanan formal kepada anggota untuk mendukung pasangan tertentu.

“Ini ditambah sekarang masyarakat sudah punya pilihan presiden sendiri, misalkan 01. Cuman karena ada anggota keluarga mereka maju legislatif dari partai pendukung 02 ya akhirnya coblos partai itu,” tutupnya.

Untuk diketahui, Survei dilaksanakan pada 6-12 Februari 2019 kepada 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini kurang-lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Konstituen sebagian besar partai ternyata tidak solid mendukung calon presiden yang diusung. Menurut survei Indo Barometer, hanya PSI, PBB dan Berkarya yang solid

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News