Hanya Tiga Klub Lolos Lisensi

Hanya Tiga Klub Lolos Lisensi
Hanya Tiga Klub Lolos Lisensi

jpnn.com - JAKARTA - Pekerjaan rumah persepakbolaan nasional masih sangat banyak. Buktinya, dari sekian banyak klub yang ada di Indonesia, terutama yang berlaga di dua kompetisi profesional, baik di Indonesia Super League (ISL) 2014 ataupun di Divisi Utama 2014, hanya segelintir saja yang mampu lolos mendapatkan lisensi.

Setelah melewati beberapa tahapan yang berakhir 31 Agustus lalu, PSSI melalui Club Licensing Committee (CLC) mengumumkan hasilnya.

Dari 25 klub ISL dan Divisi Utama yang tersisa, hanya tiga klub yang mendapatkan lisensi. Itu pun tidak ada kejutan di baliknya. Ketiga klub itu Persipura Jayapura, Arema Cronous, dan Persib Bandung.

Selain dari ketiga klub tersebut, sebenarnya masih ada lima klub lainnya yang menyandang status "Dipertimbangkan", tapi mereka tetap tidak mendapatkan lisensinya tahun ini. Misalnya, Sriwijaya FC, Semen Padang, Persebaya Surabaya, Pelita Bandung Raya (PBR), dan Persija Jakarta.

"CLC sudah melakukan musyawarah padatanggal 3 September lalu, dan kemudian memberikan keputusan per Jumatnya (5/9) lalu hari ini (kemarin, Red) kami sampaikan. Pada intinya, kami hanya bisa mengabulkan permohonan lisensi dari tiga klub tersebut (Persipura, Arema, dan Persib) untuk musim ini," ujar anggota CLC PSSI, Aristo Pangaribuan dalam pernyataan resminya.

Mekanisme verifikasi klub itu sudah sendiri dilakukan dengan melihat dokumen yang diterima. Klub sudah diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan atau penyempurnaan dokumen hanya terhadap aspek yang sudah dikirimkan. Verifikasi ini sendiri dilakukan Club Licensing Department (CLD) PSSI. Lisensi tahun ini ditujukan untuk menaikkan koefieisn demi mengejar jatah klub di Liga Champions Asia 2015.

Lebih lanjut, Aristo mengungkapkan bahwa kekurangan dari klub-klub yang masih menyandang status "Dipertimbangkan" itu tidak begitu signifikan. CLC menganggap potensi kelima klub itu untuk mendapatkan lisensinya tahun depan masih terbuka.

"Dengan dasar itulah kami memerintahkan kepada CLD untuk memberi perhatian dan pendampingan khusus kepada klub-klub tersebut," tuturnya.

JAKARTA - Pekerjaan rumah persepakbolaan nasional masih sangat banyak. Buktinya, dari sekian banyak klub yang ada di Indonesia, terutama yang berlaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News