Harga Anjlok, Petani Cabai Lesu

Harga Anjlok, Petani Cabai Lesu
Harga Anjlok, Petani Cabai Lesu
MARTAPURA– Harga cabai di pasaran saat ini terus menurun. Kerugian tak hanya dialami pedagang, petani cabai pun merugi. Ini dipicu banjirnya pasokan dari sejumlah daerah.

"Sekarang harganya turun drastis, tengkulak sudah kebanjiran cabai. Bahkan, harganya  Rp5 ribu per kg juga petani mau. Padahal, harga tersebut sempat Rp22 ribu per kg,” ujar Selamet (56), warga Jayapura.

Harga cabai di Pasar Tradisional Martapura terus menurun selama sepekan terakhir. Harganya sekarang Rp8 ribu dari sebelumnya Rp12 ribu per kg di tingkat konsumen. Sejumlah pedagang mengaku, penurunan ini karena pasokan dari sentra produksi melimpah, tak sebanding dengan permintaan konsumen yang cenderung stabil. "Barang banyak masuk dan lancar, tapi pembeli stabil," kata Naryo (34), salah seorang pedagang.

Dikatakan, beberapa waktu lalu harga cabai sempat tembus Rp50 ribu per kg, harga cabai di petani sempat menembus di atas Rp22 ribu per kg. Namun, dengan harga cabai di tingkat konsumen Rp8 ribu  per kg sudah terbayang berapa harga cabai di tingkat petani.

MARTAPURA– Harga cabai di pasaran saat ini terus menurun. Kerugian tak hanya dialami pedagang, petani cabai pun merugi. Ini dipicu banjirnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News