JPNN.com

Harga Ayam Anjlok, Ini Langkah Pemerintah

Jumat, 28 Juni 2019 – 00:56 WIB Harga Ayam Anjlok, Ini Langkah Pemerintah - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku sudah mengetahui laporan bahwa jatuhnya harga jual ayam hidup di tingkat peternak dipicu oleh kelebihan pasokan.

Sekjen Kemendag Karyanto Suprih mengaku telah berkoordinasi dengan produsen ayam maupun pelaku usaha sektor hulu.

Dia meminta mereka mengerem produksinya guna mengembalikan harga ayam hidup di tingkat peternak. ”Sekarang kami minta supaya supply jangan terlalu berlebihan di pasar,” ujarnya.

Kemendag juga akan mengidentifikasi daerah-daerah yang mengalami kelebihan pasokan ayam hidup dan sebaliknya. Lalu, memetakan titik-titik yang mengalami kekurangan pasokan. Harapannya, dari identifikasi tersebut dapat dilakukan distribusi merata, sehingga harganya pun bisa kembali normal.

"Itu yang akan kami atur. Selain itu, untuk meningkatkan penyerapan ayam potong kami akan bekerja sama dengan pelaku usaha hotel, restoran, dan kafe maupun ritel modern,” pungkasnya.

BACA JUGA: Syafruddin: Ini Sangat Memalukan, Menampar Muka Pemerintah

Diwawancarai terpisah, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita mengatakan bahwa untuk mengatasi masalah ini, satgas pangan sedang melakukan penyelidikan.

Ada rencana dari kementerian untuk juga menggandeng Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...