Harga Beras Diprediksi Masih Akan Naik hingga Maret

Harga Beras Diprediksi Masih Akan Naik hingga Maret
Koperasi Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) memprediksi kenaikan harga beras yang terjadi saat ini di pasaran, akan terus terjadi hingga Maret 2024. Foto: Elvi R/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koperasi Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) memprediksi kenaikan harga beras yang terjadi saat ini di pasaran, akan terus terjadi hingga Maret 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Koperasi Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Zulkifli Rasyid.

Dia menyebutkan kenaikan harga beras terjadi karena petani belum memasuki musim panen raya.

"kondisi cuaca yang tidak pasti mengakibatkan musim panen saat ini menjadi tidak jelas," kata Zulkifli di Pasar Induk Beras Cipinang, Jumat (23/2).

Dia juga menjelaskan situasi panen yang belum memasuki tahapan skala besar sehingga harga beras belum dapat dipastikan kembali ke harga normal.

Zulkifli mengungkapkan harga beras medium stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) dijual dengan harga Rp10.900/kilogram sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Namun, ada pedagang yang menjualnya sekitar Rp 11 ribu per kilogram hingga Rp 11.500 per kilogram.

"Kalau sudah terjadi panen raya, dapat dipastikan harga beras turun. Namun, kalau setidaknya terjadi gagal panen, kami belum tahu seperti apa ke depannya," lanjutnya.

Koperasi Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) memprediksi kenaikan harga beras yang terjadi saat ini di pasaran, akan terus terjadi hingga Maret 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News