Harga Karet Terjun Bebas

Di Pujon Harga Karet Rp2000 per Kilogram

Harga Karet Terjun Bebas
Harga Karet Terjun Bebas
PALANGKA RAYA - Tahun ini menjadi masa yang cukup menyakitkan bagi petani karet di Kalteng. Pasalnya, mulai awal tahun harga karet terus berangsur turun hingga harganya saat ini hanya Rp9.000 atau Rp10.000 di tingkat pengumpul. Harga tersebut jauh berbeda bila dibandingkan dengan dua tahun terakhir, yakni 2010 dan 2011 yang harganya mencapai Rp25.000 per kilogram.

Ketua Himpunan Masyarakat Pertanian Indonesia (Himpindo) Kalteng Dr Ir Sinto R Noehan Ms mengatakan, petani Kalteng masih belum bisa meningkatkan kualitas karetnya. Sehingga kalah bersaing dengan daerah lain yang kualitas karetnya nyaris murni.

"Jika diukur kadar karet petani kita, rata-ratanya hanya 40 sampai 45 persen yang lainnya hanya tambahan. Semisal kadar airnya terlalu banyak, ada benda tambahan yang dimasukan seperti kayu, batu sebagai pemberat. Yang jelas pengumpul kan maunya membeli karet, bukan mau beli air," katus Sinto saat dibincangi di kantornya, Selasa (2/9).

Hal ini yang perlu diperhatikan oleh petani, lanjutnya, yakni meningkatkan kualitas karet yang dijual. Jika tidak konsekuensinya, karet petani tidak akan dibeli dan mungkin saja pertanian dalam sektor karet ini akan mati. Di daerah Pujon dan Kapuas, harga karet di tingkat petani bahkan Rp 2000/kilogram. Itupun belum tentu ada yang membelinya.

PALANGKA RAYA - Tahun ini menjadi masa yang cukup menyakitkan bagi petani karet di Kalteng. Pasalnya, mulai awal tahun harga karet terus berangsur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News