Harga Saham BBTN Masih Sangat Murah Dibanding Perbankan Lainnya

Harga Saham BBTN Masih Sangat Murah Dibanding Perbankan Lainnya
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Financial Expert Ajaib Sekuritas Yazid Muammar menilai saham PT Bank Tabungan Negara (BBTN) yang saat ini berada pada rasio PBV di bawah 1x, masih sangat murah.

Dengan kinerja kuartal I/2022 yang gemilang, saham BBTN diibaratkan saham bagus, yang salah harga.

Bandingkan dengan BBNI, BMRI dan BBRI yang memiliki rasio PBV masing masing sebesar 1,27x, 1,73x, dan 2,39x.

Jika dibandingkan dengan bank yang terafiliasi dengan pemerintah, seperti BJBR, BJTM, BRIS, dan ARGO, rasio buku BBTN juga masih lebih murah.

“Rasio PBV BBTN masih murah, undervalued. Jadi, jika dibandingkan bank lainnya, atau sesama bank BUMN, BBTN punya ruang kenaikan lebih besar. Ini saham bagus, tapi salah harga,” ujar Yazid, Selasa (26/4).

Menurut Yazid, laporan keuangan BBTN pada kuartal I/2022 sangat positif, sehingga investor merespons positif hal tersebut dengan kenaikan saham BBTN lebih dari 6% dalam dua hari.

Yazid menilai kinerja positif BBTN tak lepas dari kemampuan industri properti dan perumahan yang terbukti tangguh melewati krisis ekonomi akibat pandemi sejak dua tahun lalu.

Di saat sektor ekonomi lain terpuruk, industri properti bukan hanya mampu bertahan juga menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi nasional. 

Di saat sektor ekonomi lain terpuruk, industri properti bukan hanya mampu bertahan, juga menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News