Harganas ke-30: BPIP Gotong Royong Menurunkan Prevalensi Stunting di Indonesia

Harganas ke-30: BPIP Gotong Royong Menurunkan Prevalensi Stunting di Indonesia
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi mendampingi langsung acara Deklarasi Remaja Gotong Royong yang berjumlah sebanyak 500 orang pada Launching Integrasi Duta Genre, Duta Pancasila Paskibraka Indonesia, dan Duta Damai Pencegahan Terorisme dalam rangkaian peringatan di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (6/7). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

jpnn.com, BANYUASIN - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi bersama Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dan BNPT mendampingi langsung acara Deklarasi Remaja Gotong Royong yang berjumlah sebanyak 500 orang pada Launching Integrasi Duta Genre, Duta Pancasila Paskibraka Indonesia, dan Duta Damai Pencegahan Terorisme.

Acara tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 yang mengusung tema 'Menuju keluarga bebas Stunting Untuk Indonesia Maju' di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (6/7).

Ini merupakan bentuk komitmen dan gotong royong BPIP, BKKBN, dan BNPT yang berperan aktif menyosialisasikan pencegahan stunting untuk menyelamatkan generasi Indonesia masa depan melalui Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) sebagai pengejawantahan Pancasila dalam tindakan.

Berdasarkan Survei Status Gizi Nasional (SSGI) 2022, tingkat prevalensi stunting secara nasional adalah 21,6 persen, jumlah ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 24,4 persen.

Namun masih di atas ambang batas dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang merekomendasikan prevalensi stunting di bawah 20 persen.

Wapres Ma'ruf Amin menekankan kembali arahan Presiden Jokowi pada Rakernas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), 25 Januari 2023 yang menargetkan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada 2024.

Wapres Ma’aruf Amin menyampaikan, suatu masyarakat dan sebuah bangsa tergantung pada keluarga.

Peran keluarga bagi masyarakat dan negara begitu penting.

BPIP mendukung penuh program percepatan penurunan stunting dengan memberdayakan Purnapaskibraka Duta Pancasila di seluruh Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News