JPNN.com

Hari Kebangkitan Nasional: Ilmuwan Indonesia Selangkah Melawan Covid-19

Rabu, 20 Mei 2020 – 21:17 WIB Hari Kebangkitan Nasional: Ilmuwan Indonesia Selangkah Melawan Covid-19 - JPNN.com
Menteri Riset Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan  Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, hari ini Rabu (20/5) merupakan momentum spesial bagi para ilmuwan dan peneliti tanah air.

Pada Hari Kebangkitan Nasional ini, telah diluncurkan produk-produk riset, teknologi, dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 yang merupakan hasil karya anak bangsa.

55 produk ristek dan inovasi yang 9 di antaranya adalah produk unggulan, merupakan hasil penelitian konsorsium yang dibentuk pada Maret atas inisiatif Kemenristek untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Produk-produk unggulan tersebut antara lain RT-PCR test kit, rapid diagnostics test IgG/IgM, emergency ventilator, imunomodulator, terapi plasma convalescent, unit laboratorium bergerak dengan biosafety level (BSL) 2, kecerdasan buatan pendeteksi Covid-19 dari hasil sinar-X, robot medis dan penyinaran UV, serta air purifying respirator.

"Kami ingin menjadi bagian dari solusi penanganan Covid-19. Kami menyadari bahwa riset dan inovasi berperan penting dalam menanggulangi pandemi," jelas Menteri Bambang dalam peluncuran produk inovasi Covid-19 secara virtual di Jakarta, Rabu (20/5).

Peluncuran produk riset dan inovasi ini dihadiri Presiden Joko Widodo, Wapres KH Ma'ruf Amin, para pimpinan kementerian/lembaga, para rektor, peneliti, dan ilmuwan.

Dia menjelaskan, prioritas dalam jangka pendek berfokus pada penelitian dan kajian sistematik terhadap berbagai aspek dari Covid-19. Termasuk di dalamnya pengembangan Alat Pelindung Diri (APD), dan penelitian tanaman herbal peningkat imun.

Sementara itu, prioritas jangka menengah berfokus pada pengembangan dan pengkajian Rapid Test Kit Covid-19, baik untuk deteksi awal (early detection) maupun deteksi akhir (late detection).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...