Hari Kedua Lebaran, Ternyata Begini Penampakan Pusat Perbelanjaan di Palu

Hari Kedua Lebaran, Ternyata Begini Penampakan Pusat Perbelanjaan di Palu
Suasana hari kedua Lebaran, Senin (25/5/2020) di Pasar Masomba Palu, tampak masih sepi dari aktivitas jual-beli. Foto: Antara/Anas Masa

jpnn.com, PALU - Sejumlah pusat perbelanjaan yang ada di Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah selama dua hari Lebaran IdulFitri 1441 Hijriah, tampak masih sepi dari aktivitas jual-beli.

Seperti di kawasan pusat perbelanjaan Pasar Tradisional Masomba, Palu hingga lebaran kedua, Senin (25/5), masih banyak pedagang yang belum menggelar dagangan mereka.

Terlihat tempat-tempat dagangan seperti meja yang sebelum hari raya penuh dengan jualan, kini kosong. Hanya ada beberapa saja penjual yang tetap beraktivitas.

Pasar daging sapi, ayam dan ikan masih lengang. Rata-rata pedagang masih merayakan lebaran bersama keluarga mereka.

"Saya sengaja menjual ikan hari ini, siapa tahu pembelinya banyak, tetapi sudah beberapa jam baru ada dua orang yang membeli,” kata seorang pedagang ikan, Bahar.

Dia memperkirakan suasana pasar baru akan kembali normal pada besok hari. Karena hari ini masih lebaran kedua dan warga masih bersilaturahmi dengan sanak keluarga dan kerabat.

Kondisi sama juga terlihat di Pasar Manonda yang terletak di Kecamatan Palu Barat. Di pasar tradisional yang terbesar di Ibu Kota Provinsi Sulteng itu, sebagian besar pedagang belum berjualan.

Padahal menjelang hari raya, aktivitas di pasar tersebut sangat ramai. Tampak warga mengabaikan larangan pemerintah untuk tidak berkumpul dan menjaga jarak.

Namun pada hari kedua Lebaran, kegiatan di pusat perbelanjaan, termasuk di pertokoan masih lengang.

Hanya sebagian kecil saja toko-toko yang ada di Kota Palu tetap dibuka pemiliknya. Itupun pintu tidak dibuka penuh.

Sejumlah pemilik toko di kawasan Jalan Mongisidi dan Gajamadah mengatakan belum berjualan, sebab masih dalam suasana hari raya.

"Ya pembeli sudah pasti kurang. Lagi pula karyawan libur berlebaran dengan keluarganya," kata Jonny, seorang pemilik toko pakaian.

Hal senada juga disampaikan Ronny yang juga pedagang pakaian di kawasan itu. Ia juga mengatakan memilih untuk tidak beraktivitas, sebab masih dalam suasana hari raya.

Dia juga mengaku pembeli selama masa pandemi COVID-19 ini menurun drastis dibandingkan sebelum adanya wabah tersebut.

Menurut dia, dampak dari COVID-19 sangat memukul ekonomi masyarakat. Daya beli masyarakat menurun akibat dampak dari pandemi COVID-19 yang hampir melanda seluruh dunia dan telah mempengaruhi perekonomian global. Termasuk di Indonesia dan Kota Palu serta daerah lainnya di Provinsi Sulteng.(Antara/jpnn) 

Begini penampakan sejumlah pusat perbelanjaan yang ada di Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah pada hari Lebaran.


Redaktur & Reporter : Friederich

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News