Hari Lingkungan Hidup, Pegadaian Luncurkan Aplikasi Digital Bank Sampah

Hari Lingkungan Hidup, Pegadaian Luncurkan Aplikasi Digital Bank Sampah
PT Pegadaian meluncurkan Aplikasi Digital Bank sampah bernama Pegadaian Peduli dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di kota Makassar, Sabtu (24/6). Foto dok Pegadaian

jpnn.com, MAKASSAR - PT Pegadaian meluncurkan Aplikasi Digital Bank sampah bernama Pegadaian Peduli dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang digelar di kota Makassar, Sabtu (24/6).

Peluncuran aplikasi dilakukan oleh Pemimpin Wilayah VI Pegadaian Makassar, EVP TJSL Pegadaian, perwakilan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dan Ketua Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia (Forsepsi).

Aplikasi Digital Bank Sampah menjadi solusi mengatasi permasalahan sampah sekaligus meminimalisir polusi khususnya di rumah tinggal.

Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan kemudahan bagi anggota Bank Sampah untuk mengetahui jenis sampah pilah, serta besaran nilai rupiah yang telah dikonversi menjadi Tabungan Emas secara real time.

“Hadirnya aplikasi Digital Bank Sampah diharapkan bisa memberi kemudahan bagi para pengurus bank sampah untuk mendapatkan ragam informasi yang diperlukan, utamanya dalam proses pengelolaan sampah, maupun untuk memantau jumlah sampah yang telah berhasil di kumpul dan dikonversi menjadi tabungan emas,” ujar Pemimpin Wilayah VI Pegadaian Makassar, Edy Purwanto.

Executive Vice President Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pegadaian, Rully menjelaskan, aplikasi Digital Bank Sampah ini merupakan bentuk komitmen kepedulian Pegadaian untuk mengatasi persoalan lingkungan secara terstruktur dan terintegrasi.

“Jadi aplikasi ini dapat diunduh melalui Playstore dan digunakan oleh siapa saja. Dengan begitu, masyarakat maupun pengelola bank sampah dapat mengetahui tempat-tempat pengolahan sampah yang tersebar di desa-desa,” jelas Rully.

Sementara, Ketua Forsepsi Mina Dewi Sukmawati mengaku, dukungan TJSL Pegadaian kepada Forsepsi akan sangat membantu mempermudah pekerjaan administrasi yang biasanya dilakukan secara manual, kini sudah bisa beralih ke digital.

Aplikasi Digital Bank Sampah menjadi solusi mengatasi permasalahan sampah sekaligus meminimalisir polusi khususnya di rumah tinggal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News