Hari Mangrove Sedunia, AIS Forum Gelar Penanaman Mangrove di Indonesia dan Dominika

Hari Mangrove Sedunia, AIS Forum Gelar Penanaman Mangrove di Indonesia dan Dominika
Archipelagic and Island States (AIS) Forum menggelar penanaman dan pelatihan tentang perawatan mangrove di Indonesia dan Dominika. Foto: dokumentasi AIS Forum

jpnn.com, JAKARTA - Archipelagic and Island States (AIS) Forum menggelar penanaman dan pelatihan tentang perawatan mangrove dalam rangka memperingati Hari Mangrove Internasional.

Kegiatan ini diselenggakan di dua negara sebagai komitmen nyata dalam menjaga ekosistem mangrove yang penting bagi lingkungan dan masyarakat pesisir.

Acara yang berlangsung pada tanggal 26 Juni 2023 dilaksanalan secara serentak di Indonesia dan Dominika dengan melibatkan ratusan peserta dari berbagai komunitas dan organisasi.

Di Jakarta, AIS Forum menyelenggarakan kegiatan penanaman mangrove di Taman Wisata Alam Muara Angke Kapuk. Sementara itu di La Plaine, Dominika, diadakan kegiatan pelatihan tentang pengenalan Indeks Kesehatan Mangrove.

"Ini langkah konkret kami dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir dan mendukung masyarakat lokal. Kegiatan ini menjadi wujud komitmen AIS Forum untuk menjaga keseimbangan ekosistem pesisir,” ujar Project Coordinator Sekretariat AIS Forum Riny Modaso dalam keterangannya, Minggu (30/7).

Menurut dia, ekosistem mangrove memiliki peran penting dalam lingkungan dengan memberikan berbagai manfaat, mulai dari mengurangi banjir pesisir, menyaring air hingga mengurangi emisi dan melawan perubahan iklim.

Signifikansinya tidak dapat diabaikan, karena mangrove melindungi masyarakat pesisir dan mendukung keanekaragaman hayati laut.

Berdasarkan data dari World Economic Forum 2021, secara global, mangrove melindungi lebih dari 15 juta orang dan mencegah lebih dari USD 65 miliar kerusakan properti setiap tahun.

Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Internasional, Archipelagic and Island States (AIS) Forum menggelar penanaman dan pelatihan tentang perawatan mangrove.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News