Hari Pers Nasional: Bupati Sumedang Akui Sering Mencuri dari Wartawan

Hari Pers Nasional: Bupati Sumedang Akui Sering Mencuri dari Wartawan
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa (9/2). Fathan

jpnn.com, JAKARTA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan pers sangat memberikan kontribusi kepada dirinya dalam menjalankan roda pemerintahan. Bahkan, Dony mengaku kerap 'mencuri' gagasan dan ide dari wartawan ketika ingin mengambil kebijakan.

Hal ini disampaikan Dony dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Dony sendiri menghadiri acara puncak HPN 2021 di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa (9/2).

"Saya merasakan pers ini tidak hanya memberikan informasi, tetapi memberikan gagasan, ide, dan juga wacana. Seringkali saya mengambil kebijakan referensinya adalah gagasan, ide, dan wacana, dari media, kami ramu jadi sebuah kebijakan," kata Dony.

Meski demikian, Dony menaruh harapan besar kepada pers di masa yang akan datang. Dia menginginkan pers menjadi wahana edukasi kepada masyarakat, sekaligus kontrol sosial, dan agen perubahan.

"Tetap memberikan penilaian objektif, berimbang, bertanggung jawab, dan konstruktif. Dan lebih dari itu, bagaimana bersama-sama, pers dengan pemerintah menyejahterakan masyarakat. Karena pers sebagai pilar keempat demokrasi ini sama2 menjadi instrumen untuk menyejahterakan masyarakat," kata Dony.

Untuk membangun kesejahteraan masyarakat, Dony menyadari pemerintahannya harus terus diawasi. Dony pun menganggap kritikan dari pers sebagai masukan untuk membangun daerahnya lebih baik lagi.

"Saya berharap pers terus menajamkan nilai kritisnya, objektivitasnya, cover both side-nya. Semoga pers punya kemauan yang kuat membangun bangsa ini," harap Dony.

Dony juga mengapresiasi pers yang terus bekerja dan bertarung dengan virus Covid-19 di lapangan. Dia menilai wartawan sebagai profesi yang rentan tertular virus Corona. Karena itu, Dony mengupayakan pers di daerahnya agar divaksinasi Covid-19, supaya bisa menjalankan tugasnya dengan aman.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengaku kerap mencuri gagasan dan ide dari pers ketika ingin mengambil kebijakan. Dony mengharapkan pers terus berkontribusi.